2 Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu Dengan Sangat Rapi

Diposting pada

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang bagaimana langkah atau cara menggabungkan file word menjadi satu dengan cara yang mudah dan hasilnya rapi.

Pembahasan kali ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mengerjakan tugas – tugas berdokumen word seperti skripsi, laporan, tugas akhir, novel, dan lain sebagainya.

Biasanya saat menyusun skripsi kita akan membedakan antara dokumen BAB I, BAB II, dan BAB III. Ketika skripsi sudah selesai, semua BAB tersebut harus digabungkan menjadi satu secara urut tanpa mengubah formatnya.

Nah, untuk mempermudah menggabungkan file word yang saling terpisah itu Mimin punya cara yang sangat gampang tanpa perlu Copy Paste teks satu per satu (secara manual) dari setiap halaman, karena cara tersebut bisa memakan waktu yang lama.

Baiklah tanpa berlama – lama lagi mari kita mulai tutorial cara menggabungkan beberapa file/dokumen word menjadi satu. Di sini saya memakai Microsoft Word versi 2010. Jika kamu memakai versi berbeda, mungkin akan ada sedikit perbedaan di bagian menu-nya.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Langkah 1, buka aplikasi Microsoft Word dan buka file/dokumen pertama. Dokumen inilah yang nantinya akan berada di bagian paling atas. Sebagai contoh di sini saya membuka dokumen BAB I.

Setelah dokumen terbuka, sekarang tempatkan cursor di akhir kata/teks dokumen ini. Kamu juga bisa menempatkan cursor di posisi tertentu dimana dokumen berikutnya akan dimasukkan.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Catatan: jika kamu ingin menempatkan dokumen kedua di halaman baru dari dokumen pertama, klik menu tab Insert dan pilih Page Break.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Langkah 2, untuk mulai menggabungkan / memasukkan dokumen kedua, ketiga, dan seterusnya, silahkan klik menu tab Insert lalu perhatikan di area sebelah kanan ada menu Object.

Klik icon segitiga kecil terbalik yang ada di samping menu Object dan kemudian klik Text from file.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Langkah 3, selanjutnya akan otomatis muncul jendela baru, silahkan pilih dokumen/file word yang ingin digabungkan dengan dokumen yang pertama tadi. Jika sudah memilih klik tombol Insert.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Catatan: Untuk memasukkan banyak file/dokumen sekaligus, kamu dapat memilihnya sambil menekan (menahan) tombol Shift pada keyboard, dan hasilnya file tersebut akan masuk sesuai urutan namanya, misalnya BAB 2 – BAB 3 – BAB 4.

Jika nama dokumen kamu acak – acakan, kamu dapat mengurutkannya sendiri dengan cara menekan (menahan) tombol CTRL + ALT saat memilih dokumen.

Urutannya akan tergantung pilihan kamu, dimana dokumen pertama yang kamu pilih akan masuk pertama kali kemudian di susul dengan dokumen pilihan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Cara Menggabungkan File Word Secara Online

Apakah aplikasi Microsoft Word kamu sedang eror sehingga membuatmu tidak dapat menggabungkan file word dengan cara yang Mimin sampaikan di atas?

Tenang dan jangan khawatir, karena Mimin masih punya cara lain yaitu secara online alias tidak perlu aplikasi Microsoft Word.

Langkah 1, buka aplikasi browser kamu kemudian kunjungi situs DocSoSo.com dan tampilan halaman situsnya akan seperti gambar berikut ini.

Cara Menggabungkan File Word Online

Langkah 3, pilih menu Word Convert untuk memunculkan opsi-nya lalu pilih Marge Word.

Cara Menggabungkan File Word Online

Langkah 3, setelah otomatis masuk ke halaman Marge Word, sekarang klik menu Select File. Di sini terdapat pesan bahwa kamu dapat memasukkan satu atau lebih dokumen word sekaligus.

Cara Menggabungkan File Word Online

Catatan: pada proses unggah file/dokumen ini, Mimin sarankan untuk memakai cara manual, bukan dengan cara drag and drop.

Langkah 4, sekarang cari dan pilih beberapa dokumen word yang ingin digabungkan, kemudian klik Open.

Cara Menggabungkan File Word Online

Langkah 5, tunggu proses upload file sampai selesai, jika sudah klik Marge Word untuk memulai proses penggabungan.

Cara Menggabungkan File Word Online

Langkah 6, setelah proses penggabungan selesai, pilih opsi Save File / Download File untuk menyimpan hasilnya. Kamu juga dapat langsung melihat hasil dokumen yang sudah digabungkan tersebut dengan klik pilihan Open File.

Cara Menggabungkan File Word Online

Bagaimana, mudah kan? Menurut kamu dari dua cara di atas yang paling bagus yang mana? Kalau menurut Mimin sih tetap cara yang pertama, karena kita bisa lebih leluasa mengaturnya. Kalau cara online sih mungkin hanya Mimin pakai saat aplikasi Microsoft Word Mimin eror.

Demikian pembahasan tentang cara menggabungkan file word menjadi satu dengan cara offline dan online. Apabila ada pertanyaan atau saran silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *