Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi – Seringkali kita mendapati jumlah followers kita di Instagram berkurang dan kita mengetahui siapa saja yang melakukan unfollow tersebut.

Jika followers yang kita miliki masih berjumlah puluhan atau ratusan saja mungkin untuk mengetahui siapa saja yang unfollow Instagram kita bisa kita lakukan secara manual dengan membuka kolom followers di profil akun Instagram kita.

Tetapi jika akun kita sudah memiliki followers ribuan, maka untuk mengetahui siapa saja orang yang melakukan unfollow akun Instagram kita akan sangat sulit.

Oleh sebab itu, pada artikel Tutorian21 kali ini kami akan memberi tahu kalian bagaimana cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi.

Dengan mengikuti cara yang kami bagikan di bawah ini kalian bisa mengetahui akun Instagram yang unfollow kalian secara otomatis tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan pihak ketiga.

Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Kita di Instagram Tanpa Aplikasi

Pada dasarnya pihak Instagram memang tidak menyematkan fitur khusus untuk mengecek unfollow di dalam aplikasinya.

Oleh karena itu para pengguna tidak bisa mengetahui siapa saja dan berapa banyak secara pasti orang yang telah unfollow IG mereka.

Tetapi jangan khawatir, karena dengan bantuan situs web tertentu kalian dapat cek unfollow instagram tanpa aplikasi.

Mau tahu caranya? Silahkan simak pembahasannya berikut!

1. Cek Unfollowers Instagram Lewat Situs Fast-Unfollow

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk cek unfollowers Instagram di akun kalian adalah dengan menggunakan situs Fast-unfollow.

Situs fast-unfollow sebenarnya adalah sebuah situs yang membantu kita melakukan aktifitas unfollow di dalam akun kita.

Akan tetapi situs ini juga bisa kita gunakan untuk mengetahui siapa saja orang yang telah unfollow akun Instagram kita.

Berikut cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi melalui situs web Fast-unfollow

  • Pertama, buka situs Fast-unfollow di browser kalian. Setelah tampilan web Fast-unfollow terbuka dengan sempurna, klik TRY FOR FREE untuk membuat akun baru di Fast-unfollow.
    cara mengetahui unfollower instagram tanpa aplikasi
  • Kalian tinggal mengisi kolom registrasi yang sudah disediakan, yaitu email dan password, kemudian klik Registration.
    cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi
  • Setelah proses pembuatan akun Fast-unfollow berhasil, maka kalian akan dibawa pada tampilan seperti gambar di bawah ini, setelah itu pilih Add Account.
    cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi
  • Maksud dari Add Account di sini adalah menambahkan akun Instagram kalian yang ingin di ketahui siapa yang melakukan unfollow akun tersebut. Isi Username dan Password akun IG kalian lalu pilih Add Account.
    cara mengetahui unfollower instagram tanpa aplikasi
  • Maka secara otomatis web Fast-unfollow akan mengolah data yang ada di akun Instagram kalian dan menemukan siapa saja yang telah unfollow akun Instagram kalian tersebut pada kolom Last Unfollow.

Sekedar informasi saja, jika saat akan melakukan cek unfollowers instagram kalian tidak bisa menambahkan akun Instagram kedalam web Fast-unfollow padahal sudah memasukkan username dan password IG yang benar, maka cobalah matikan two-factor authentication yang berada pada Setting-Privasi dan Keamanan.

2. Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi Dengan Unduh Data Akun

Cara selanjutnya yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui unfollow Instagram tanpa aplikasi pihak ketiga adalah dengan melakukan unduh data akun Instagram.

Unduh data akun Instagram adalah fitur yang disediakan pihak Instagram di mana fitur tersebut berisi back up semua data akun Instagram kalian termasuk data followers dan following.

Karena ada data followers dan following, maka fitur ini bisa kita gunakan untuk menemukan siapa saja yang unfollow akun Instagram kita dengan cara membandingkan kedua data followers dan following tersebut.

Untuk cara melihat unfollow Instagram tanpa aplikasi melalui metode unduh data akun adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka akun Instagram lewat browser (kami menyarankan menggunakan laptop atau PC agar proses bisa lebih mudah).
  • Setelah itu masuk ke menu Pengaturan.
    cara mengetahui unfollower instagram tanpa aplikasi
  • Di dalam menu pengaturan pilih Privasi dan Keamanan lalu scroll ke bawah dan pilih Unduh Data.
    cara cek unfollowers instagram tanpa aplikasi
  • Maka kalian akan diminta memasukkan email tujuan dimana data Instagram tersebut akan dikirim, dan masukkan Password dari akun Instagram kalian untuk verifikasi.
    cara cek unfollowers instagram tanpa aplikasi
  • Proses pengiriman data akun Instagram ke email adalah 48 jam. Email tersebut berisi link download data Instagram anda.
    cara mengetahui unfollower instagram tanpa aplikasi
  • Jika kalian sudah berhasil mengunduh data akun, lalu ekstrak file tersebut dan cari data followers.html dan following.html.
  • Setelah itu kalian kunjungi situs listdiff.com untuk melakukan compair data.
  • Pada bagian Sort kalian ganti menjadi A-Z, agar hasil data mudah dibaca.
  • Kemudian buka file unduh data Instagram tadi satu per satu, lalu salin semua data yang ada di file ‘followers.html‘ ke ‘List A‘ dan data dari file ‘following.html‘ ke ‘List B’.
  • Jika sudah kamu bisa pilih tombol ‘Compare List‘.
    cara cek unfollowers instagram tanpa aplikasi
  • Lanjutkan dengan Scroll ke bawah dan lihat hasil Compare dua data, kalian cek pada kolom ‘B Only‘, menu tersebut adalah hasil olah data yang menunjukkan akun Instagram yang melakuakan unfollow terhadap akun Instagram kalian atau tidak melakukan follow back.
    cara cek unfollowers instagram tanpa aplikasi

Cara mengetahui unfollower Instagram tanpa aplikasi dengan menggunakan unduh data adalah cara yang paling aman, karena kita tidak melakukan login akun Instagram kita ke pihak lain.

Tetapi cara cek unfollowers Instagram tanpa aplikasi dengan unduh data ini tidak bisa dilakukan secara instan dan cepat.

Hal tersebut karena kita harus menunggu data akun Instagram kita yang dikirim selama kurang lebih sekitar 48 jam terlebih dahulu.

Penutup

Sekian pembahaan kali ini tentang cara mengetahui orang yang unfollow kita di Instagram tanpa aplikasi.

Ada dua cara yang sudah kami share di atas, dari kedua cara tersebut kami sangat menyarankan anda untuk memakai cara kedua.

Meskipun cara kedua tergolong lebih ribet, namun cara tersebut kaminilai jauh lebih aman dibandingkan cara pertama yang mengharuskan pengguna login terlebih dahulu.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar