Cara Mengatasi Photoshop Lemot (CS dan CC)

Diposting pada

Cara mengatasi Photoshop lemot – Kinerja sebuah aplikasi memang tidak akan selalu berjalan maksimal, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Contohnya saja saat kinerja Photoshop mulai lemot yang biasanya di sebabkan oleh RAM laptop / Pc yang penuh.

Cara mempercepat kinerja photoshop agar tidak lemot

Dalam perangkat komputer RAM berfungsi sebagai media untuk menjalankan program aplikasi atau software. Jika anda membuka banyak aplikasi di Pc secara bersamaan tentu akan membuat RAM menjadi penuh, dan Pc anda bisa menjadi lemot.

Tentu sangat mengganggu aktivitas mengedit anda jika Photoshop tiba-tiba berjalan lambat. Karena itu pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan cara untuk mempercepat kinerja Photoshop kembali sehingga tidak terjadi lemot, force close dan lag meskipun anda sedang membuka beberapa aplikasi

Baca Juga:

Cara Mengatasi Photoshop Lemot

Untuk mempercepat kinerja Photoshop caranya adalah dengan mengurangi kapasitas penggunaan RAM Photoshop itu sendiri. Untuk mendapatkan setelan yang cukup pas saya sarankan untuk menggunakan 40-60% RAM saja, untuk mengaturnya silahkan ikuti cara berikut ini:

1. Pertama-tama silahkan buka aplikasi Photoshop anda, lalu segera menuju ke menu Edit -> Preferences -> Performance.

Cara mengatasi photoshop lemot

2. Jika sudah dibuka maka anda akan muncul jendela pengaturan Performance seperti gambar di bawah ini. Nah kini saatnya mengatur kapasitas memory untuk Photoshop.

Cara meningkatkan kinerja photoshop

3. Caranya perhatikan pada “Memory Usage” disana terdapat info berapa kapasitas RAM yang di butuhkan Photoshop. Kini tugas anda adalah mengurangi nilainya menjadi antara 40-60% tergantung kebutuhan anda sendiri.

Cara mengatasi photoshop lemot

4. Untuk menambah besar nilainya anda bisa menekan icon Plus (+) dan untuk menguranginya silahkan tekan icon Minus (-), atau jika anda ingin lebih cepat bisa langsung mengetikkan nilai / angka di kolom yang tersedia.

5. Jika sudah selesai jangan lupa klik Ok untuk menyimpan perubahan pengaturan.

Seperti itulah cara mempercepat kinerja Photoshop sehingga tidak akan terjadi lemot atau lag. Intinya atur kebutuhan RAM Photoshop menjadi kecil agar aplikasinya bisa berjalan lancar dalam space RAM Pc yang sesak.

Demikian artkel yang berjudul cara mengatasi Photoshop lemot. Terimakasih telah berkunjung di situs kami, jika anda ingin membaca tutorial Photoshop lainnya silahkan buka di Tutorian21.

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *