Cara Mengatasi PDF tidak bisa di Copy tanpa Aplikasi

PDF Tidak Bisa di Copy Dokumen dengan format file PDF (Portable Document Format) merupakan ekstensi file yang paling banyak digunakan, baik itu dalam lingkup perkantoran maupun pendidikan.

Dari namanya saja sudah mencirikan bahwa file dokumen dengan format PDF memiliki spesialisasi yakni bisa digunakan atau dibuka dengan banyak device dan aplikasi.

Akan tetapi walapun menjadi format file dokumen yang paling banyak digunakan, namun seringkali sebuah dokumen PDF yang kita dapati di internet atau orang lain sering kali teks nya tidak dapat di copy.

Lantas apa yang menyebabkan file PDF tidak bisa di copy tersebut? Apakah ada cara mengatasi file PDF yang tidak bisa di copy tersebut? Kalian bisa menemukan jawabanya pada artikel ini.

Baca juga: Cara Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

Penyebab PDF Tidak Bisa Di Copy

Salah satu hal yang paling mendasari suatu file PDF tidak bisa di copy atau disalin adalah karena file tersebut dikunci oleh pembuatnya, tentunya para pembuat file PDF ini bukan tanpa tujuan mengunci file yang mereka buat.

File PDF yang tidak bisa di copy biasanya adalah dokumen PDF yang memiliki hak cipta penulisan, sehingga tidak sembarang orang boleh untuk menyalin isi dari file tersebut tanpa sepengetahuan dan ijin dari pemilik atau pembuat.

Akan tetapi jika kalian ingin membuka kunci file PDF dengan tujuan untuk belajar dan tidak ada tujuan buruk terhadap pemilik file PDF tersebut, maka kami akan membagikan cara mengatasi PDF tidak bisa di copy dengan cara membuka kunci PDF.

Cara Mengatasi PDF Tidak Bisa Di Copy

Seperti pada pemaparan di atas, bahwa kebanyakan kasus file PDF tidak bisa di copy dikarenakan file tersebut dikunci oleh pembuatnya agar orang-orang tidak bisa menyalin teks yang ada di dalamnya secara bebas.

Akan tetapi jika kalian memang membutuhkan dan ingin mengcopy teks file PDF yang dikunci, maka kami akan membagikan cara mengatasi PDF tidak bisa di copy dalam dua metode:

  1. Merubah file PDF yang dikunci ke dalam format Word
  2. Membuka kunci file PDF tersebut secara online

Kedua cara yang kami bagikan ini untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy memiliki keuntungan tersendiri dan kondisi ideal masing-masing, jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan kalian.

1. Mengubah file PDF Menjadi Word

Metode pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy adalah dengan merubah format file PDF tersebut kedalam format Word.

Dengan merubah file PDF yang tidak bisa di copy kedalam format Word, maka dokumen tersebut bisa untuk di copy dan bahkan diedit sekalipun.

Banyak sekali situs-situs atau aplikasi yang menyediakan jasa merubah file PDF ke Word, kalian bisa memilih web atau aplikasi coverter PDF to Word yang biasa kalian gunakan untuk mengatasi PDF yang tidak bisa dicopy.

Akan tetapi jika kalian tidak tahu cara merubah file PDF ke Word, kami akan menyarankan dan memberikan panduan cara-caranya di bawah ini dengan menggunakan web coverter saja agar tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Conver PDF to Word dengan Web Smallpdf

mengatasi pdf tidak bisa di copy

Web pengubah PDF pertama yang kami sarankan untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy adalah Smallpdf.

Langkah-langkah untuk merubah file PDF ke Word adalah:

  • Pertama buka situs Smallpdf melalui link berikut https://smallpdf.com/id/pdf-ke-word
  • Setelah itu masukkan file PDF yang akan diubah dengan cara klik Pilih File atau jika kalian menggunakan komputer bisa drag and drop file PDF tersebut kedalam kolom web.
  • Maka file akan diupload di web, jika sudah selesai pilih Konversikan ke Word dan klik Pilih Opsi.
  • Tunggu proses konversi sampai selesai, lalu pilih Unduh untuk mendownload hasilnya.

Convert PDF to Word dengan Web Ilovepdf

pdf tidak bisa di copy

Web kedua yang dapat digunakan untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy adalah Ilovepdf. Web ini hampir sama dengan yang pertama, akan tetapi kalian bisa menggunakan web kedua ini untuk opsi lain saja jika web pertama sedang bermasalah.

Langkah-langkah untuk merubah file PDF ke Word dengan web Ilovepdf adalah:

  • Pertama buka situs Smallpdf melalui link ini https://www.ilovepdf.com/pdf_to_word
  • Setelah itu masukkan file PDF yang akan kalian ubah dengan cara klik Select PDF File.
  • Maka file akan diupload di web, jika sudah selesai pada bagian kiri preview dokumen pilih No OCR dan Convert to Word.
  • Tunggu proses konversi sampai selesai. Lalu pilih Download Word untuk menyimpan hasilnya.

Baca juga: Cara Mengubah JPG ke PDF tanpa Software

2. Membuka Kunci PDF Secara Online

Metode kedua yang bisa kalian lakuakan untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy adalah dengan membuka kunci file PDF tersebut.

Seperti yang sudah kami jabarkan di atas bahwa file PDF yang tidak bisa di copy merupakan file PDF yang di kunci oleh pemilik atau pembuatnya, jadi dengan membuka kunci file PDF tersebut maka kita akan bisa menyalin isinya.

Pada cara membuka kunci PDF ini kami juga menggunakan bantuan situs web, karena dengan cara ini tidak memperlukan aplikasi tambahan dan juga bisa dilakukan di banyak device untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy.

Buka kunci PDF dengan Web Unlockpdf

Web pertama yang kami gunakan untuk membuka kunci PDF adalah unlockpdf. Web ini menyediakan jasa untuk buka kunci PDF secara gratis dan juga sangat mudah untuk di gunakan.

Inilah langkah-langkah membuka kunci PDF untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy dengan web unlockpdf:

cara membuka file pdf yang dikunci
  • Pertama buka alamat web Unlockpdf yaitu https://www.unlock-pdf.com/ dengan browser kalian
  • Lalu klik Pilih File untuk masukkan file PDF yang akan kalian buka kuncinya
  • Setelah kalian memasukkan file PDF, pilih Unlock File
  • Tunggu proses membuka file PDF sampai selesai.
  • Jika sudah selesai maka file PDF yang sudah terbuka kuncinya akan otomatis terunduh

Web ini memiliki tampilan yang simpel dan praktis untuk digunakan membuka kunci PDF, jadi secara pribadi web ini merupakan favorit kami.

Akan tetapi jika kalian ingin menggunakan web yang memiliki tampilan mewah atau web ini sedang tidak bisa diakses, kalian bisa menggunakan web kudua yang kami rekomendasikan berikut ini.

Buka Kunci PDF dengan Web Sodapdf

Web kedua untuk membuka kunci file PDF adalah Sodapdf. Web ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan web yang pertama, akan tetapi di web ini memiliki fitur penyimpanan online dan bisa dijadikan cadangan web untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy.

Cara untuk membuka kunci PDF dengan Web Sodapdf adalah:

cara membuka file pdf yang terkunci agar bisa di copy
  • Pertama buka Web Sodapdf dengan link ini https://www.sodapdf.com/unlock-pdf/
  • Lalu pilih Chouse File untuk memasukkan file PDF kamu.
  • Setelah file PDF berhasil dimasukkan ke dalam web, silahkan pilih Unlock.
  • Tunggu proses membuka kunci PDF selesai, lalu Pilih Download untuk mengunduh hasil file PDF yang sudah terbuka kuncinya.

Baca juga: Situs Download Ebook Gratis dan Legal

Penutup

Itulah cara-cara untuk mengatasi PDF tidak bisa di copy yang dapat kami bagikan. Kami sangat mengharapakan kalian bisa dengan bijak menggunakan cara-cara untuk mengatasi file PDF tidak bisa di copy di atas, karena pasti ada alasan tersendiri mengapa file PDF tersebut dikunci oleh pembuatnya.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar