Cara Mengaktifkan dan Mematikan Mode Saku HP Xiaomi

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Mode Saku Xiaomi – Saat memasukkan HP ke dalam saku, terkadang tanpa kita sadari HP kita tidak sengaja terpencet dan menyebabkan gangguan seperti mendadak bergetar atau mengirim pesan ke orang secara random.

Kejadian ini sering kita dapati ketika kita memasukkan HP ke kantong saku yang memiliki ukuran sempit. Hal ini tentu saja sangat mengganggu, apalagi bagi kita yang jarang membawa tas pocket ketika keluar.

Namun tahukah kamu, bahwa sebenarnya semua produsen HP seperti sudah memberikan fitur khusus untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan fitur mode saku atau pocket mode.

Akan tetapi fitur mode saku di HP Xiaomi belum aktif di setingan bawaannya, sehingga kita harus mengaktifkannya secara manual.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang punya keresahan HP Xiaomi yang kepencet sendiri saat di dalam saku, maka kamu berada pada artikel yang tepat. Sebab kami akan membahas secara lengkap bagaimana cara mengaktifkan dan mematikan mode saku Xiaomi.

Apa Itu Mode Saku Xiaomi?

Mode Saku atau Pocket Mode Xiaomi adalah sebuah fitur yang membuat kita bisa mematikan touch gestur secara otomatis saat HP masuk ke dalam saku. Fitur ini akan membuat layar HP kita mati dan tidak merespon sentuhan saat berada dalam saku.

Hal ini tentu saja akan menghindarkan kita dari masalah HP yanng tidak sengaja terpencet saat berada dalam kantong, sebab layar HP kita akan otomatis terkunci ketika dalam saku.

Selain itu, mode saku Xiaomi juga bisa kita jadikan sebagai alarm bahaya apabila ada gerakan mencurigakan yang terjadi di dalam saku kita. Karena mode ini akan memberikan notifikasi khusus yang membuat kita bisa mengetahuinya dengan mudah.

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Mode Saku Xiaomi

Untuk mengaktifkan mode saku di HP Xiaomi sebenarnya sangatlah mudah, karena fitur tersebut sudah tersedia hampir di semua versi HP Xiaomi. Namun memang pada HP Xiaomi keluaran lama yang masih menggunakan MUI versi lama tidak memiliki fitur ini.

Langkah-langkah cara mengaktifkan dan mematikan mode saku Xiaomi adalah sebagai berikut.

  • Buka HP Xiaomi kamu dan masuk ke menu Setting / Pengaturan.
  • Scroll ke bawah dan cari menu Layar Kunci.
    cara mengaktifkan dan mematikan mode saku xiaomi
  • Di dalam menu pengaturan layar kunci, lalu scroll ke bawah sampai ke menu lainnya.
  • Di sini kamu akan melihat fitur Mode Saku, untuk mengaktifkannya kamu tinggal tap toggle yang ada disampingnya hingga berwarna biru atau hijau.
    cara mengaktifkan dan mematikan mode saku xiaomi
  • Secara otomatis fitur Mode Saku di HP Xiaomi kamu sudah aktif, jika kamu ingin mematikannya kamu tinggal tap toggle tadi hingga berwarna hitam.
    cara mengaktifkan dan mematikan mode saku xiaomi

Perlu kamu ketahui bahwa tutorial cara mengaktifkan dan mematikan mode saku Xiaomi di atas menggunakan MUI Global versi 13.0.5, sehingga jika versi MUI HP Xiaomi kamu tidak sama maka mungkin akan ada sedikit perbedaan pada letak dan nama menunya.

Namun secara keseluruhan letak mode saku Xiaomi tetap pada menu pengaturan layar kunci, jadi jangan sampai bingung ya.

Kekurangan Mengaktifkan Mode Saku Xiaomi

Setelah kita mengetahui cara mengaktifkan dan mematikan mode saku Xiaomi serta kelabihan dari fitur tersebut, maka satu hal penting lagi yang perlu kita ketahui adalah kekurangan mengaktifkan mode saku di HP Xiaomi.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap fitur yang disematkan dalam smarthphone pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai kondisi yang kita alami, oleh karena itu produsen HP membuat fitur tersebut bisa di aktifkan dan di nonaktifkan sesuai kebutuhan.

Hal ini juga berlaku untuk fitur mode saku Xiaomi, fitur ini mungkin akan sangat tidak cocok di situasi tertentu seperti:

  1. Dalam kondisi urgent yang membutuhkan kondisi HP selalu stand by. Hal ini karena apabila kita mengaktifkan mode saku, maka secara otomatis layar HP akan terkunci otomatis dan akan membutuhkan cukup waktu untuk membukanya kembali.
  2. Dalam kondisi yang membutuhkan penghematan baterai ponsel secara singnifikan, seperti sedang hang out atau hal lainnya. Hal ini karena mode saku banyak menghabiskan baterai, sebab sensor gyroscope kita akan selalu aktif dan siaga.

Itulah pembahasan tentang cara mengaktifkan dan mematikan mode saku Xiaomi yang dapat kami bagikan. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply