Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome PC dan HP

Artikel ini memuat informasi tentang cara mengaktifkan auto translate di Google Chrome PC dan Android. Yuk simak pembahasannya sampai selesai!

Apakah kamu sering mengunjungi situs-situs luar atau situs yang memakai bahasa asing? Jika benar, maka fitur dari Google Chrome ini akan mempermudah kamu untuk menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia.

Chrome mempunyai fitur auto translate yang dapat menerjemahkan berbagai bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia dengan proses yang cepat dan hasil yang baik. Caranya juga tidak sulit sehingga semua orang pasti dapat melakukannya sendiri.

Fitur translate google chrome ini dapat diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Contohnya kamu dapat mengatur agar chrome mau menerjemahkan bahasa asing secara otomatis saat kamu mengunjungi sebuah situs. Kamu juga bebas memilih ke bahasa apa teks tersebut di terjemahkan.

Mengaktifkan Auto Translate Google Chrome PC

Chrome adalah aplikasi / software browser yang sangat di rekomendasikan untuk kebutuhan translate teks atau menerjemahkan sebuah halaman dari situs web secara cepat.

Pasalnya, aplikasi chrome ini adalah aplikasi hasil pengembangan dari google itu sendiri sehingga chrome memiliki fitur khusus yang dapat langsung terhubung ke google translate.

Hasil translate-nya juga baik dan cukup memuaskan, terutama pada bahasa Inggris dan Indonesia (bahasa lain saya jarang memakainya). Berikut langkah-langkah mengaktifkan auto translate di google chrome komputer.

Langkah 1, buka aplikasi google chrome kamu, kemudian klik icon “titik tiga” yang ada di pojok kanan atas dan pilih Setting atau setelan.

google chrome

Langkah 2, setelah menu setting terbuka, pilih Advanced dan pilih lagi Languages atau bahasa.

google chrome setting

Langkah 3, klik icon lancip yang ada di sebelah kanan Language untuk memunculkan pengaturan dan pilihan translate. Perhatikan gambar berikut ini!

cara mengaktifkan auto translate google chrome

Langkah 4, klik icon titik tiga yang ada di samping Bahasa Indonesia kemudian aktifkan “Display Google Chrome in this language” yang artinya kita akan menampilkan google chrome dalam bahasa Indonesia.

mengubah bahasa google chrome

Langkah 5, pada opsi Bahasa Inggris klik icon titik tiga dan pilih “Offer to translate page in this language” yang artinya google chrome akan menawarkan penerjemahan halaman kedalam bahasa ini.

mengubah bahasa chrome

Jika kamu ingin memakai bahasa lain, silahkan pilih opsi Add Languages kemudian cari bahasa yang kamu inginkan, dan aktifkan “Offer to translate page in this language” pada bahasa yang kamu pilih tadi.

bahasa google chrome

Langkah 6, tahap terakhir aktifkan Offer to translate pages that aren’t in a language you read yang artinya google chrome akan menerjemahkan halaman web yang menggunakan bahasa asing.

auto translate chrome

Langkah 7, sekarang waktunya pengujian. Buka tab baru google chrome dan buka situs berbahasa Inggris. Di sebelah kanan kolom link akan muncul icon google translate dan ketika di klik akan tampil pilihan penerjemahan.

translate di chrome

Langkah 8, untuk mengaktifkan auto translate bahasa Inggris ke bahasa Indonesia silahkan klik icon google translate – pilih icon titik tiga – dan pilih Always translate English.

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome  PC

Selamat sekarang kamu sudah berhasil.

Mengaktifkan Translate di Chrome Via Ekstensi

Google chrome adalah browser yang punya banyak ekstensi / extension yang dapat mempermudah pekerjaan penggunanya. Salah satu ekstensi yang sangat bermanfaat itu adalah Rapid Translator.

Rapid translator adalah sebuah ekstensi penerjemah bahasa di google chrome yang dikembangkan oleh Alexa Carter. Rapid translator akan mempermudah kamu menerjemahkan kalimat – kalimat berbahasa asing hanya dengan cara mem-block teks nya saja..

Teks yang di block tersebut akan segera diterjemahkan oleh Rapid Translator secara otomatis, tanpa ribet, dan tanpa meninggalkan halaman tersebut. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang hanya butuh menerjemahkan beberapa kalimat teks saja.

Untuk memakai Rapid Translator silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1, buka aplikasi chrome di PC kamu, kemudian pergi menuju Chrome web store, atau agar lebih cepat klik link ini: chrome web store.

Langkah 2, pada kolom pencarian chrome web store masukkan kata kunci “Rapid translator” lalu tekan enter untuk mencarinya.

cara memakai rapid translator

Langkah 3, tambahkan rapid translator ke chrome. Caranya klik rapid translator kemudian pilih Add to Chrome. Tunggu proses download-nya sampai selesai, jika ada notifikasi yang muncul pilih setuju atau pilih Add extension.

cara memasang ektensi rapid translator

Langkah 4, buka menu extension kemudian pilih Rapid translator dan atur bahasanya menjadi bahasa Indonesia.

cara memakai rapid translator

Langkah 5, sekarang kamu sudah bisa menerjemahkan teks dengan cara block. Caranya yaitu block terlebih dahulu teks berbahasa asing, kemudian klik icon rapid translator di dekatnya, maka secara otomatis akan muncul hasil terjemahannya di sebuah kotak kecil seperti gambar di bawah ini.

cara memakai rapid translator

Kamu juga dapat langsung menyalin hasilnya melalui tombol copy di pojok kanan.

Cara Mengaktifkan Auto Translate di Google Chrome HP

Apa kamu lebih sering browsing menggunakan aplikasi chrome di smartphone? Kalau begitu kamu juga dapat menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia dengan cepat loh. Caranya dengan mengaktifkan fitur translate google chrome pada HP kamu.

Langkah 1, buka aplikasi google chrome pada HP kamu, kemudian kunjungi situs berbahasa asing yang ingin kamu translate atau artikan.

Langkah 2, klik icon titik tiga yang ada di sebelah kanan atas, lalu masuk ke Setelan – Bahasa – dan silahkan pilih bahasa yang kamu inginkan. Aktifkan juga Tawaran penerjemahan halaman ke dalam bahasa lain.

translate chrome hp

Langkah 3, kembali ke halaman awal (situs web bahasa asing) lalu buka icon titik tiga lagi, dan pilih opsi Terjemahkan / Translate. Sekarang bahasa di situs tersebut sudah berhasil di translate.

Kamu juga bisa mengatur untuk menjalankan translate otomatis. Caranya klik icon titik tiga pada notifikasi google translate yang muncul, kemudian pilih opsi Selalu terjemahkan halaman dalam bahasa Inggris. Artinya di sini kalau kamu membuka halaman web yang berbahasa Inggris maka akan secara otomatis akan di terjemahkan.

translate chrome hp Android

Demikian pembahasan tentang cara mengaktifkan auto translate di Google Chrome PC dan HP. Silahkan pilih cara yang menurutmu paling baik, dan apabila ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar