Cara Mencerahkan Foto di Photoshop Ala Fotografer

Diposting pada

Cara mencerahkan foto di photoshop – Berfoto sudah menjadi kebutuhan sendiri bagi orang jaman modern ini, terutama bagi mereka yang selalu aktif bersosial media. Di manapun tempatnya mau siang atau malam, mau cerah ataupun gelap tidak akan menghalangi niat orang-orang untuk berfoto.

Jika fotonya di tempat gelap maka bisa diberi penerangan atau cahaya dengan lampu flash. Dan jika hasilnya masih kurang terang juga, maka bisa diedit dengan aplikasi editor gambar seperti photoshop supaya fotonya bisa tampak lebih cerah.

Di photoshop sendiri tersedia berbagai macam fitur yang dapat membantu kita menerangkan gambar yang gelap. Untuk menggunakan fitur tersebut pun tidak begitu sulit dan saya yakin Anda juga pasti bisa.

Berikut cara mencerahkan foto di photoshop agar terlihat lebih terang ala fotografer profesional.

Cara Mencerahkan Foto di Photoshop

Sebelum kita mulai saya ingin menunjukkan kepada Anda foto gelap yang belum diedit, agar nanti kita semua bisa tahu perbedaan antara foto sebelum diedit dan sesudah diedit. Berikut fotonya:

Foto gelap di photoshop
Foto sebelum diedit

Baiklah kalau begitu tanpa berlama-lama lagi kita segera mulai tutorial ini.

1. Open foto di photoshop

Langkah pertama masukkan foto yang ingin dicerahkan ke dalam photoshop. Caranya buka dulu aplikasi photoshop, lalu pilih menu File – Open – pilih gambar kemudian tekan opsi open pada pojok kanan bawah.

2. Masuk ke fitur Camera RAW Filter

Selanjutnya masuk ke fitur Camera RAW Filter. Fitur ini akan membantu kita mengatur warna-warna yang ada dalam foto serta bisa juga untuk mencerahkannya.

Namun photoshop CS dan CC memiliki cara yang berbeda untuk mesuk ke fitur camera raw filter ini, dan berikut adalah cara-caranya:

Di photoshop versi CC sendiri caranya sangat mudah, yaitu seperti ini:

12312
  1. Pergi ke menu Filter yang terdapat di bagian atas photoshop
  2. Pilih opsi Camera RAW Filter
  3. Setelah itu otomatis akan muncul menu setelan camera RAW filter

Untuk photoshop versi CS6 caranya agak ribet namun tidak begitu susah juga sih, yaitu begini:

  1. Pergi ke menu Edit – Preference – Camera RAW cara mencerahkan gambar
  2. Lalu akan muncul jendala Camera RAW Preferences
  3. Ubah pengaturan JPEG menjadi Automatically open all supported JPEGs cara mencerahkan gambar dengan camera raw filter
  4. Simpan perubahan setelan dengan cara klik OK
  5. Tutup aplikasi photoshop kemudian buka lagi, lalu open gambar yang ingin dicerahkan tadi maka Anda akan otomatis masuk ke menu setelan camera raw filter

Perlu diketahui bahwa fitur camera raw filter di photoshop versi CS6 ke bawah ini memang akan muncul secara otomatis ketika Anda baru membuka gambar, jadi tidak usah heran atau khawatir. Jika ingin mematikan fitur ini silahkan kembalikan pengaturannya seperti semula.

3. Sesuaikan kecerahan

Setelah masuk ke menu setelan camera raw filter kini saatnya mengatur tingkat kecerahan. Ada banyak pilihan menu di sini, namun kita hanya akan menggunakan menu basic saja untuk meningkatkan kecerahan gambar.

cara mencerahkan gambar di photoshop dengan fitur camera raw filter

Dalam menu basic terdapat beberapa macam setelan, berikut keterangan dari setiap setelan tersebut:

A. Temperature

Temperature / Temp berfungsi untuk mengatur tingkat suhu dalam gambar, semakin tinggi nilai temp maka foto akan terlihat lebih hangat (orange), dan semakin rendah nilai temp maka foto akan semakin tampak dingin (blue).

B. Tint

Tint adalah setelan yang berfungsi mengatur kualitas warna, menu ini biasa digunakan untuk mengubah atau menentukan warna dasar pada sebuah foto.

C. Exposure

Exposure adalah sebuah istilah dalam dunia fotografi yang mengacu pada banyaknya cahaya yang jatuh pada medium atau film atau sensor gambar saat proses pengambilan foto. Di photoshop sendiri menu ini berfungsi untuk mengatur tingkat cahaya yang masuk dalam gambar.

D. Contras

Contrast adalah pengaturan yang merujuk ke perbedaan antara terang dan gelap. Jika contras ditingkatkan maka area yang cerah akan terlihat semakin cerah, dan area yang gelap akan semakin gelap, sehingga gambar akan terlihat lebih tajam.

Apabila contrast diturunkan ke nilai yang lebih rendah maka perbedaan antara area terang dan gelap akan berkurang, sehingga membuat gambar terlihat kurang tajam. Sebaiknya contrast diberikan secara pas, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

E. Highlight

Highlight adalah pengaturan untuk menerangkan atau menggelapkan cahaya pada foto, sehingga apabila foto terlihat terlalu terang atau gelap Anda bisa mengatur tingkat cahanyanya melalui menu ini.

F. Shadow

Shadow digunakan untuk mengatur efek bayangan pada gambar.

G. White

Menu ini digunakan untuk meningkatkan atau mengurangi rona putih dalam foto.

H. Black

Black digunakan untuk mengatur efek gelap pada gambar, menu ini juga dapat digunakan untuk membantu efek shadow agar terlihat lebih mencolok dan nyata.

I. Clarity

Clarity adalah pengaturan efek yang berfungsi untuk memperjelas ketajaman warna pada gambar.

J. Vibrance

Vibrance berfungsi untuk menaikkan intensitas warna tertentu yang dianggap kurang tersaturasi.

K. Saturation

Saturation berfungsi untuk mengatur tingkat kepekatan sebuah warna. Semakin rendah nilai saturation sebuah gambar, maka warna dalam gambar tersebut akan semakin tampak pudar.

4. Simpan gambar

Setelah selesai mengatur kecerahan warna kini saatnya menyimpan hasilnya, caranya klik opsi Save Image yang terdapat di sebelah kiri bawah. Setelah itu akan muncul jendela baru, di sana Anda bisa menentukan lokasi penyimpanan dan kualitas gambar, selanjutnya tekan Save untuk menyimpan.

cara mencerahkan gambar dengan photoshop

Cara Mencerahkan Foto di Photoshop dengan Cepat

Jika di atas kita sudah belajar cara mencerahkan gambar di photoshop ala profesional dengan step-step yang cukup ribet, maka sekarang kita akan belajar cara versi simpelnya.

Cara ini memang tidak sedetail dan hasilnya juga tidak sebagus cara pertama. Namun saya kira cara ini sudah lebih dari cukup untuk sekedar mencerahkan foto saja.

Berikut cara mencerahkan foto di photoshop versi simpel yang mudah dilakukan:

  1. Buka photoshop dan masukkan gambar yang akan diterangkan cahayanya
  2. Pilih menu Image – Adjustments – Curves cara menerangkan foto
  3. Selanjutnya akan muncul menu pengaturan curves
  4. Atur garisnya sehingga tingkat kecerahan gambar meningkat
  5. Anda bisa meniru pengaturan saya berikut ini cara mencerahkan foto di adobe photoshop
  6. Jika sudah langsung saja tekan OK dan simpan gambarnya

Bagaimana mudah kan? Cukup sekian pembahasan cara mencerahkan foto di photoshop semoga Anda dapat terbantu dengan adanya pembahasan ini, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian agar lebih banyak lagi orang yang tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *