3 Cara Menampilkan Toolbar di Excel Yang Hilang

Cara Menampilkan Toolbar di Excel – Menu Toolbar pada Microsoft Excel merupakan sebuah bilah yang berisi kumpulan tool atau perintah tertentu. Menu ini sebenarnya adalah alat bantu agar para pengguna bisa dengan mudah mengoperasikan MS Excel.

Namun, bagi sebagian orang yang tidak tahu cara menampilkan menu Toolbar di Excel akan sangat kebingungan apabila pada tampilan Excel tiba-tiba menu Toolbar-nya menghilang atau dalam mode tersembunyi.

Nah, bagi kalian yang sedang kebingungan karena Toolbar pada tampilan Excel tiba-tiba hilang, maka kalian berada pada artikel yang tepat. Sebab pada artikel kali ini kami akan membagikan 3 cara menampilkan Toolbar di Excel dengan mudah dan cepat..

Cara Menampilkan Toolbar di Excel

Seperti dalam penjelasan singkat di atas, bahwasanya Toolbar pada Microsoft Excel adalah sebuah menu yang berisi tool atau alat untuk mengoperasikan Microsoft Excel, oleh sebab itu menu ini dapat dimunculkan atau disembunyikan.

Kasus hilangnya Toolbar di Excel secara tiba-tiba biasanya tejadi karena kita salah pencet, baik itu dari keyboard ataupun mouse. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena ada 3 cara untuk menampilkan kembali Toolbar Excel yang hilang.

1. Cara menampilkan Toolbar di Excel lewat Collapse The Ribbon

cara menampilkan toolbar di Excel dengan collapse ribbon

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk menampilkan menu bar di Excel adalah dengan cara menonaktifkan fitur Collapse The Ribbon. Fitur ini merupakan fitur yang aktif ketika Toolbar kita dalam keadaan tersembunyi.

Nah, untuk memunculkan Toolbar di Excel kembali kalian bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan cara seperti berikut:

  • Pertama, buka MS Excel.
  • Setelah itu, arahkan kursor kalian ke bagian kosong di atas kolom.
  • Lalu klik kanan dan pilih Collapse The Ribbon.
  • Setelah itu menu bar di Excel kalian akan muncul kembali.

2. Cara menampilkan Toolbar di Excel lewat Ribbon Display Option

cara menampilkan toolbar di excel dengan ribbon display option

Sebenarnya pihak MS Excel sudah menyediakan fitur pengatur tampilan dari menu bar, yaitu melalui fitur Ribbon Display Option. Di dalam fitur ini kita bisa bebas mengatur munculnya Toolbar di Excel, mulai dari menyembunyikan atau memunculkan semua menu bar, baik itu tabs dan commands.

Berikut langkah-langkah menampilkan Toolbar di Excel melalui Ribbon Display Option adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka Microsoft Excel kalian.
  • Setelah itu, arahkan kursor ke pojok kanan atas dan pilih ikon panah yang ada di sebelah kiri ikon minimize.
  • Kemudian pilih Show Tabs and Commands.
  • Secara otomatis Toolbar Excel kalian akan muncul kembali.

3. Cara memunculkan Toolbar di Excel dengan Shortcut

Selain menggunakan dua metode di atas, kita juga dapat menggunakan kombinasi tombol atau shortcut pada keyboard untuk memunculkan kembali Toolbar Excel yang hilang.

Shortcut yang digunakan untuk memunculkan Toolbar di Excel adalah: CTRL+F1. Kalian bisa menekan kombinasi tombol tersebut untuk menampilkan atau menyembunyikan Toolbar Excel.

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara menampilkan Toolbar di Excel termudah dan tercepat yang dapat kami bagikan. Pada dasarnya pihak MS Excel memang menyediakan fitur untuk menyembunyikan atau menampilkan Toolbar, jadi jangan panik apabila menu bar kalian tiba-tiba hilang.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar