3 Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Hilang / Disembunyikan

Cara Menampilkan Sheet di Excel – Sebagai aplikasi pengolah data, Microsoft Excel memiliki banyak fitur dan juga fungsi yang dapat membantu kita dalam mengolah data ataupun hal-hal lainnya.

Namun, banyak fitur yang ada di Excel terkadang tidak semuanya kita mengerti dan pahami secara keseluruhan, dan hal tersebut terkdang juga membuat kita mengalami kejadian eror tanpa kita tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Salah satu masalah yang banyak dialami dan di pertanyakan oleh para pengguna Excel pemula adalah hilang atau tersembunyinya Sheet di Excel secara tiba-tiba.

Masalah tersembunyinya Sheet di Excel secara tiba-tiba, sebenarnya bukanlah sebuah eror atau ada kerusakan pada aplikasi Excel kita, tetapi merupakan sebuah fitur yang dapat kita atur sendiri.

Nah, bagi kalian yang mengalami Sheet di Excel tiba-tiba hilang atau tersembunyi, maka kalian berada pada artikel yang tepat. Sebab kami akan membahas hal tersebut lengkap dengan cara menampilkan Sheet di Excel secara mudah dan cepat.

Mengapa Sheet di Excel Tiba-tiba Hilang?

Kasus Sheet di Excel yang tiba-tiba hilang pada dasarnya bukanlah sebuah eror dari aplikasi, akan tetapi sebuah fitur yang memang disediakan oleh pihak Microsoft Excel kepada para penggunanya.

Sheet di Excel sebenarnya memiliki fitur yang dapat disembunyikan atau ditampilkan sesuai dengan keinginan, sehingga jangan kaget apabila Sheet di tampilan Excel kalian tiba-tiba hilang atau tersembunyi.

Sebab bisa jadi kalian pernah salah pencet atau melakukan sesuatu yang membuat Sheet Excel dalam mode tersembunyi. Jadi, kalian tidak perlu khawatir apabila Sheet tiba-tiba tersembunyi, dan kalian cukup melakukan cara menampilkan Sheet di Excel seperti penjelasan di bawah ini.

Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Hilang

Cara Menampilkan Sheet di Excel yang hilang

Untuk menampilkan Sheet di Excel yang tersembunyi kita bisa mengaturnya di menu Display Option Workbook. Menu ini berisi tentang semua opsi penampilan tools atau fitur yang ada pada lembar kerja di Excel kita, sehingga kita bisa menampilkan atau menyembunyikan Sheet secara keseluruhan di lembar kerja Excel kita melalui menu ini.

Langkah-langkah menampilkan Sheet di Excel melalui menu Display Option Workbook adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka Excel yang Sheet-nya tersembunyi.
  • Setelah itu, klik Tab File dan pilih menu Options.
  • Maka kalian akan dibawa ke dalam halaman Excel Option, di sana pilih menu Advanced.
  • Kemudian scroll ke bawah hinggga menemukan menu Display Options for this workbook, lalu kalian klik centang pada kolom Show Sheet Tabs.
  • Terakhir klik OK.
  • Maka Sheet yang tersembunyi di Excel akan muncul kembali seperti semula.

Cara menampilkan Sheet di Excel melalui menu Display Option ini berlaku apabila semua Sheet di Excel kalian tiba-tiba hilang atau tersembunyi, karena menu ini berfungsi menampilkan atau menyembunyikan Sheet Excel secara keseluruhan.

Namun apabila kasus yang kalian alami adalah Sheet Excel yang hilang hanya beberapa saja, seperti hanya Sheet 2 atau 3 saja yang hilang, maka cara ini tidak berlaku, namun kalian bisa mengikuti cara menampilkan Sheet di Excel seperti di bawah ini.

Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Disembunyikan

Seperti penjelasan di atas, bahwa Sheet yang tidak ditampilkan dengan Sheet yang tersembunyi memiliki penanganan yang berbeda. Kalian dapat mengindikasi Sheet di Excel dalam mode tersembunyi adalah ketika masih ada tampilan Sheet di lembar kerja, tetapi hanya ada satu Sheet saja dan Sheet lainnya tidak terlihat.

Dan apabilan kalian mengalami hal seperti itu, maka kalian bisa mengikuti cara menampilkan Sheet di Excel yang tersembunyi atau dalam mode Hide di bawah ini.

1. Cara menampilkan Sheet di Excel lewat menu Format

Cara Menampilkan Sheet di Excel yang tersembunyi

Metode pertama yang dapat kalian lakukan untuk menampilkan kembali Sheet yang tersembunyi adalah melalui menu format, menu ini berada pada tabs home di toolbar, sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

langkah-langkah cara menampilkan Sheet di Excel yang tersembunyi melalui menu Format adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka Excel dan pastikan Tabs dan Toolbar kalian dalam mode terlihat.
  • Kemudian, klik Tabs Home dan klik dropdown Format pada menu Cells.
  • Arahkan cursor anda ke opsi Hide & Unhide, kemudian┬ápilih Unhide Sheet.
  • Maka akan terlihat Sheet mana saja yang tersembunyi di Excel kalian, pilih salah satu Sheet yang ingin dimunculkan kembali dan klik OK.
  • Ulangi proses yang sama apabila ada Sheet lain yang ingin ditampilkan kembali.

2. Cara menampilkan Sheet di Excel dengan klik kanan di Sheet

cara menampilkan sheet di excel yang tersembunyi

Selain melalui menu format, kalian juga bisa menampilkan Sheet yang tersembunyi dengan cara klik kanan pada Sheet langsung, seperti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, arahkan mouse ke tab worksheet.
  • Kemudian klik kanan dan pilih Unhide.
  • Maka akan tampil Sheet mana saja yang tersembunyi di Excel kalian, pilih salah satu Sheet yang ingin dimunculkan dan klik OK.
  • Ulangi proses yang sama apabila ada Sheet lain yang ingin ditampilkan kembali.

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara menampilkan Sheet di Excel yang hilang dan tersembunyi secara lengkap yang dapat kami bagikan. Pada dasarnya Sheet di Excel dapat kita sembunyikan dan tampilkan sesuka hati, jadi jangan panik apabila Sheet dilembar kerja kalian tiba-tiba hilang.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar