Cara Menambahkan Extension IDM di Chrome Agar Muncul Otomatis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menambahkan extension IDM di Chrome agar IDM muncul otomatis.

Para pengguna internet dengan perangkat PC atau komputer pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Internet download manager (IDM). Internet download manager (IDM) yang dikembangkan oleh Tonec Inc merupakan aplikasi menejemen download terbaik saat ini.

Pihak Tonec Inc selaku pengembang aplikasi IDM mengklaim bahwa proses download dengan menggunakan IDM bisa lebih cepat 500% dari pada dengan menggunakan browser. Selain itu dengan menggunakan IDM proses download file di internet bisa dilanjutkan kembali (resume) jika dalam prosesnya terjadi masalah teknis seperti koneksi internet tiba-tiba troubel yang membuat proses download file tiba-tiba terhenti.

Internet download manager (IDM) juga memiliki kemampuan untuk integrasi dengan aplikasi browser, salah satunya adalah Chrome. Dengan mengintergrasikan IDM ke browser seperti Chrome, maka proses download file akan jauh lebih mudah lagi karena ekstensi IDM akan otomatis muncul di Chrome.

Akan tetapi untuk menambahkan ekstensi IDM didalam Chrome akhir-akhir ini lumayan sulit, hal tersebut karena ada banyak pengembang ekstensi palsu yang menyamar sebagai IDM di web store ekstensi Chrome.

Oleh sebab itu dalam artikel Tutorian21 kali ini akan membahas tentang cara menambahkan extension IDM di Chrome, jadi bagi kalian yang sudah install IDM tapi belum terintergarsi dengan browser Chrome bisa mengikuti cara yang kami berikan berikut ini.

Baca juga: Cara Download File Google Drive dengan IDM

Cara Menambahkan Exstension IDM di Chrome

Sebenarnya menghubungkan IDM kedalam Chrome dengan menggunakan extension merupakan proses otomatis yang dilakukan oleh IDM jika kita sudah menginstall aplikasi utama ID.

Akan tetapi walaupun kita sudah memasang aplikasi IDM, ekstensi IDM di dalam Chrome kadang tidak mau muncul secara otomatis. Dan saat ingin memasang ekstensi IDM secara manual, kita justru dibuat bingung karena banyak ekstensi palsu yang mirip IDM disana.

Menanggapi hal tersebut pihak asli pengembang IDM Tonec Inc memberi penjelasan bahwa hampir semua ekstesi yang muncul di pencarian web store Chrome adalah palsu dan tidak bisa digunakan untuk menghubungkan IDM kedalam Chrome.

Oleh sebab itu kami akan membagikan cara menambahkan extension IDM di Chrome bagi kalian yang Chrome nya belum terintegrasi dengan IDM, tetapi kalian harus mengikuti langkah-langkah yang kami berikan brikut ini dengan seksama agar tidak mendapatkan ekstensi IDM yang palsu sehingga tidak bisa digunakan.

1. Install dengan sempurna aplikasi IDM dan hubungkan dengan browser

Langkah pertama yang harus kalian lakukan di dalam cara menambahkan extension IDM di Chrome adalah memasang aplikasi IDM dengan sempurna di PC atau laptop kalian.

yang dimaksud Install dengan sempurna di sini adalah memasang dan mengakstifasi aplikasi IDM, kalian bisa mengunduh aplikasi IDM di website resminya dan membeli lisensi aplikasi di sana.

Setelah kalian berhasil menginstall aplikasi IDM dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah mengatur IDM agar dapat mengintegrasi browser (Chrome).

Untuk cara setting integrasi IDM browser di dalam IDM adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi IDM dan masuk pada menu Download kemudian pilih Options
    cara menambahkan extension idm di chrome
  • Setelah itu kalian akan dibawa pada jendela options, kalian masuk pada menu General, kemudian centang pada pilihan Use advanced browser integration. Maka di bawahnya akan ada pilihan berbagai nama browser, silahkan pilih browser Chrome atau jika kalian menggunakan browser yang lain bisa memilih yang lainnya, lalu pilih Ok
    cara menambahkan extension idm di chrome
  • Maka proses setting integrasi browser di dalam IDM sudah selesai

Apabila browser yang kalian gunakan tidak ada di dalam pilihan, kalian bisa menambahkan sendiri browser tersebut dengan mengklik Add dan memilih letak file dari browser yang kalian gunakan.

Itulah langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk cara menambahkan extension IDM di Chrome. Sekarang silahkan buka Chrome kalian dan periksa apakah IDM sudah mau muncul atau tidak.

2. Install Ekstensi IDM di dalam Chrome

Jika dengan cara di atas IDM anda masih belum muncul di Chrome, maka kalian perlu menginstall ekstensi IDM secara manual di Chrome. Cara menambahkan extension IDM di Chrome secara manual adalah dengan mengunduh ekstensi IDM tersebut di web store ekstensi.

Kalian tidak perlu khawatir salah memilih ekstensi IDM palsu, karena kami sudah menyediakan link kusus yang menuju ke Exstension asli IDM.

Untuk cara menambahkan exstension IDM di Chrome secara manual yaitu:

  • Pertama, buka browser Chrome lalu kunjungi link ekstensi IDM di web store
  • Setelah halaman web terbuka dengan sempurna, klik Tambahkan ke Chrome, maka akan muncul jendela pop up, lalu pilih Tambahkan ekstensi
    cara menambahkan extension idm di chrome
  • Tunggu sampai ada notifikasi proses memasang ekstensi IDM di Chrome selesai
  • Kemudian masuk di pengelola ekstensi Chrome dengan cara ketikkan alamat Url chrome://extensions, dan pastikan untuk mengaktifkan ekstensi IDM seperti gambar di bawah ini.
    cara menambahkan extension idm di chrome

Seharusnya jika kalian sudah melakukan cara ini maka IDM akan secara otomatis terintegrasi dengan Chrome dan bisa langsung digunakan untuk mendownload.

Bagaimana Jika Ekstensi IDM Belum Juga Muncul di Chrome?

Setelah kita melakukan langkah-langkah di atas, walaupun jarang terjadi tetapi adakalanya IDM juga tidak mau langsung muncul di Chrome. Jika kalian mengalami hal tersebut, jangan panik karena kejadian tersebut bukan semata-mata kesalahan kita, tetapi bisa disebabkan oleh faktor-faktor yang lain.

Inilah beberapah hal yang dapat kalian lakukan jika sudah melakukan cara di atas, namun IDM tetap tidak muncul di Chrome juga.

1. Update aplikasi IDM

Hal pertama yang dapat kalian lakukan agar IDM dapat muncul di Chrome adalah dengan mengupdate versi IDM kalian ke versi yang terbaru.

Versi aplikasi IDM yang terlalu lawas terakadang memang membuat IDM tidak mau muncul di Chrome. Penyebabnya seringkali karena versi IDM yang lawas tidak kompatibel dengan browser Chrome yang kita pakai.

Kalian bisa melakukan update aplikasi IDM agar muncul di Chrome, caranya sangatlah mudah yaitu:

  • Pertama, buka aplikasi IDM kalian, kemudian masuk pada menu Help dan pilih Check for update
    cara menambahkan extension idm di chrome
  • Lalu tunggu sampai proses upadate selesai

Cepat atau lambatnya proses update IDM tergantung dengan kecepatan jaringan internet kalian. Jadi saya sarankan untuk mengecek terlebih dahulu jaringan kalian sebelum mengupdate IDM agar kalian tidak menunggu terlalu lama dalam proses updatenya.

2. Update aplikasi Chrome

Setelah kalian mengupdate versi aplikasi IDM tetapi hasilnya masih nihil dan IDM belum juga muncul di Chrome, maka kalian bisa mencoba melakukan update browser Chrome.

Seperti halnya IDM, Chrome juga membutuhkan update aplikasi ke versi yang terbaru agar kinerjanya bisa normal kembali.

Untuk melakuakan update aplikasi browser Chrome sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara otomatis:

  • Pertama, buka browser Chrome kalian, kemudian klik Titik tiga yang ada dikanan atas tampilan aplikasi. Lalu kalian masuk pada menu Bantuan (help), kemudian pilih Yang baru (update)
    cara menambahkan extension idm di chrome
  • Setelah itu tunggu proses update Chrome sampai selesai

Hampir bisa dipastikan jika kalian sudah melakukan semua di atas, IDM akan dapat otomatis muncul di browser Chrome.

3. Install ulang aplikasi IDM

Jika IDM tidak mau muncul di Chrome juga, langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah menghapus dan menginstall ulang aplikasi IDM kalian. Saat menghapus IDM jangan lupa untuk menghapus sampai pada data aplikasinya yang ada di local disk penyimpanan aplikasi PC atau laptop kalian.

Alasan kalian harus Instal ulang IDM bukan karena kesalahan didalam melakukan cara menambahkan extension IDM di Chrome di atas, tetapi kemungkinan ada kesalahan saat kalian Install IDM yang dahulu.

Saat install ulang IDM kami sarankan untuk mengunduh dan memasang IDM versi yang terbaru saja agar tidak ada kesalahan seperti IDM tidakmau muncul di Chrome.

Penutup

Sekian artikel tentang cara menambahkan extension IDM di Chrome dari kami. Sebenarnya proses Integrasi IDM ke dalam Chrome adalah proses yang dilakukan secara otomatis oleh aplikasi IDM, tetapi terkadang hal tersebut tidak berlaku dan kita harus menggunakan cara menambahkan extension IDM di Chrome secara manual.

Ada beberapa aspek yang harus kalian perhatikan dalam cara menambahkan extension IDM di Chrome agar berhasil, mulai dari menggunakan aplikasi IDM dan juga Chrome terbaru.

Terimaksih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian.

Tinggalkan komentar