4 Cara Menambah Font di Photoshop dengan Mudah

Di artikel ini saya akan memberikan 4 langkah untuk menambah font di photoshop. Tutorial ini bisa Anda terapkan pada semua versi photoshop baik itu CS atau CC, yang lama atau yang terbaru, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Namun sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya photoshop dan aplikasi-aplikasi lain seperti microsoft word, power point, corel, dan lain sebagainya menggunakan font yang sama yang terinstall di sistem operasi.

Artinya jika Anda menginstall sebuah font, maka font tersebut juga dapat muncul dan digunakan pada semua aplikasi yang ada di komputer Anda.

Baiklah tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai tutorial berjudul cara menambah font di photoshop ini!

Cara Install Font di Photoshop

Untuk cara memasukkan font ke photoshop dan juga ke semua aplikasi lainnya silahkan ikuti step-step berikut ini:

1. Download font

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh file font-nya. Anda bisa mendapatkan style font yang unik dan menarik di situs-situs penyedia font gratis berikut ini.

SitusLinkStatus
Dafonthttps://www.dafont.com/Free
1001freefontshttps://www.1001freefonts.com/Free
Fontspacehttps://www.fontspace.com/popular/fontsFree

Silahkan kunjungi salah satu link situs tersebut dan carilah font yang Anda sukai. Jika sudah dapat, langsung saja klik tombol unduh / download dan file font-nya pun akan segera tersimpan di perangkat Anda.

2. Ekstrak file

ekstrak font photoshop

Langkah selanjutnya adalah mengekstrak file font yang telah Anda unduh tadi karena biasanya kita akan mendapat file dalam bentuk rar atau zip. Silahkan cari file-nya dulu, biasanya sih akan langsung tersimpan di folder download.

Jika sudah ketemu, sekarang klik kanan file font rar atau zip tersebut kemudian pilih opsi extract here. Tunggu prosesnya sampai selesai setelah itu akan muncul file font yang siap di install.

Jika Anda gagal mengekstrak file, kemungkinan software ekstraksi Anda perlu diperbarui atau diinstall ulang. Caranya bisa Anda lihat di situs penyedia software tersebut atau di tutorial google lain.

3. Install font

cara menambah font photoshop

Setelah file berhasil diekstrak, sekarang Anda sudah bisa melakukan instalasi font. Caranya klik kanan file font tersebut kemudian pilih opsi install dan tunggu prosesnya sampai selesai.

4. Selesai

cara install font photoshop

Setelah tahap ini Anda sudah bisa menggunakan font tersebut untuk menulis di photoshop atau aplikasi-aplikasi lain. Silahkan di cek dulu untuk memastikannya dengan cara mengetikkan nama font yang Anda install tadi di kolom font photoshop.

Baca Juga: Cara Membuat Foto Hitam Putih di Photoshop

Pertanyaan Terkait

Q: Mas gimana caranya install font langsung dalam jumlah banyak? Kalau punya 100 font yang mau diinstall kan repot kalau harus satu-persatu.

A: Caranya mudah sekali, yaitu tinggal kelompokkan saja file font yang mau diinstal ke dalam satu folder. Jika sudah, langsung saja block semua file font tersebut kemudian klik kanan salah satunya lalu pilih install.

Cara install font di photoshop

Q: Mas apakah nggak apa-apa kalau menaruh file font di sembarang folder?

A: Sebenarnya sih nggak ada masalah dan nggak akan berpengaruh apa-apa dalam instalasi ataupun penggunaan font. Akan tetapi alangkah baiknya jika ditaruh dalam satu folder yang sama supaya lebih ringkas dan rapi.

Atau kamu bisa letakkan bersama file font bawaan windows. Caranya buka local disk (c) – windows – font – dan letakkan di folder font ini.

Begitulah kira-kira cara install font di photoshop dan juga untuk aplikasi lainnya, jika ada pertanyaan lain silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah!

Akhir kata, demikian tutorial cara menambah font di photoshop kali ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar