Cara Memperkecil dan Memperbesar Gambar Photoshop Tanpa Peot

Diposting pada

Cara Memperkecil dan Memperbesar Gambar Photoshop – Apakah kamu baru mempelajari Photoshop? Jika iya maka tutorial kali ini sangat penting untuk kamu ketahui, dan sangat berguna ketika kamu baru memasukkan foto kedalam lembar kerja.

Tutorial Adobe Photoshop - Cara memperbesar gambar tanpa menjadi peot

Saat kamu memasukkan sebuah foto baru, tentu ukurannya tidak langsung pas seperti keinginanmu. Karena itu kamu harus mengatur ukurannya meliputi lebar dan tinggi agar bisa pas.

Orang-orang yang baru belajar Photoshop biasanya melakukan kesalahan saat memperbesar atau memperkecil lebar dan tinggi sebuah gambar, sehingga gambar tersebut menjadi tidak simetris lagi alias peot.

Untuk menghindari itu sebenarnya ada caranya. Nah, berikut ini saya akan membahasnya, agar kejadian gambar peot seperti yang saya katakana di atas tidak menimpa kamu. Kan memalukan jika kita mengedit wajah malah hasilnya tidak rapi hehe.

Baca Juga: Membuat Teks Warna-Warni di Photoshop

Baiklah, caranya adalah seperti ini guys:

1. Pertama-tama bukalah aplikasi Photoshop kamu dan buatlah sebuah halaman kerja baru untuk praktik.

2. Kemudian masukkan beberapa gambar atau foto kedalam halaman kerja tersebut.

3. Jika sudah klik Layer gambar yang ingin di sesuaikan ukurannya seperti lebarnya. Contohnya di sini saya ingin mengatur ukuran layer “Mia 2” maka saya klik layer tersebut (cukup satu kali klik saja).

Cara mengatur ukuran lebar dan tinggi gambar di photoshop sehingga gambar tetap simetris dan tidak peot

4. Kemudian menuju menu Edit -> Free Transform ->  maka akan muncul sebuah titik-titik untuk mengatur lebar dan tinggi gambar, namun jangan di geser dulu.

Cara mengatur lebar dan tinggi gambar di Photoshop dengan simetris

5. Untuk memperbesar atau memperkecil  gambar agar hasilnya tetap simetris, silahkan tekan dan tahan tombol “Shift” (pada keyboard) lalu dalam waktu bersamaan kecilkan atau besarkan gambar tersebut dengan cara menggeser titik di sudut gambar (wajib titik sudut).

Cara mengatur lebar gambar di photoshop tanpa peot dan tetap simetris sama sisinya seperti awal

6. Nah, jika sudah selesai kini tekan Enter.

Baca Juga: Membuat Efek Foto Hitam Putih

Bagaimana, mudah bukan? Intinya kamu harus menakan tombol Shift di keyboard sambil mengatur lebar gambar melalui titik pojok. Tombol Shift sendiri berperan sebagai pengunci agar gambar yang kamu atur tidak berubah lebar dan tinggi simetrisnya.

Cukup sekian pembahasan tentang Cara Memperkecil dan Memperbesar Gambar Photoshop kali ini. Jika kamu ingin belajar tutorial Photoshop lainnya silahkan baca di blog ini ya, terimakasih dan sampai jumpa.

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *