12 Cara Membuat Tulisan di Photoshop yang Keren

Diposting pada

Halo sobat desainer, di artikel ini saya akan membagikan cara membuat tulisan di photoshop untuk desain yang keren dan menarik. Tutorial ini akan di awali dari dasar cara membuat teks di photoshop sampai membuat desain teks yang keren dengan tambahan efek 3D.

Sebagai seorang desainer kita harus bisa membuat desain teks sebaik mungkin. Mulai dari pemilihan font, ukuran, ketebalan, efek, dan lain sebagainya harus diperhatikan dengan cermat dan sungguh-sungguh.

Oleh sebab itu, Anda yang masih newbie di dunia desain grafis harus mulai belajar cara membuat tulisan di photoshop terlebih dulu dengan mengikuti step-step berikut ini.

Cara Membuat Tulisan di Photoshop

1. Buat project baru

membuat kanvas baru photoshop

Langkah pertama buka aplikasi photoshop Anda dan buatlah project atau halaman kerja baru, caranya pilih menu file – new atau bisa juga dengan menekan ctrl + n di keyboard.

Selanjutnya pilih ukuran kanvas Anda atau Anda tentukan sendiri ukuran lebar dan tingginya secara custom dengan cara memasukkan nilai pada kolom width dan height.

2. Pilih type tool

type tool

Langkah kedua pilih type tool yang Anda butuhkan. Di sini tersedia dua pilihan, yang pertama adalah horizontal type tool untuk membuat gaya tulisan horizontal, dan yang kedua adalah vertical type tool untuk membuat gaya tulisan vertikal.

3. Masukkan tulisan

cara membuat tulisan di photoshop

Selanjutnya klik pada halaman kanvas, dan Anda pun sudah bisa menulis sesuatu di halaman kanvas tersebut. Di sini saya menulis “Tutorial Photoshop” dan hasilnya bisa Anda lihat sebagai berikut.

Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat teks di photoshop dengan baik dan benar. Untuk memodifikasi teksnya agar tampak lebih bagus silahkan simak caranya pada step-step selanjutnya ini.

4. Memilih font

mengganti font photoshop

Di dunia grafis, desain tulisan yang baik harus memakai jenis font yang sesuai dengan temanya. Sebelum mengganti ataupun mengatur font, Anda harus blok terlebih dulu teks atau tulisannya.

5. Memilih style font

style font

Setiap font biasanya mempunyai style bawaannya sendiri seperti regular, italic, bold, italic and bold dan lain-lain Anda bisa ganti dan pilih melalui menu style font.

6. Mengatur ukuran font

size font

Supaya enak di lihat, ukuran font atau teks tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil. Anda bisa mengatur ukurannya melalui menu font size.

Selain melalui menu font size, Anda juga dapat menyesuaikan besar kecilnya font dengan cara menekan ctrl + t, kemudian seret sisinya dengan mouse sambil menekan shift supaya teksnya tidak peyot.

7. Font edge

font edge

Font edge adalah sebuah menu yang berisi pilihan jenis tepian font, di antaranya terdapat pilihan none, sharp, smooth, strong, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satu dari style font edge tersebut atau membiarkannya normal (none).

8. Mengatur tata letak teks

tata letak font

Selanjutnya Anda bisa mengatur tata letak tulisan melalui fitur font alignment. Seperti pada umumnya, fitur ini menyediakan opsi tata letak teks rata kiri, rata tengah, dan rata kanan.

9. Memilih warna teks

warna teks

Selain bisa mengatur ukuran teks, di photoshop Anda juga bisa mengganti warna teks-nya sesuai dengan keinginan, caranya yaitu melalui fitur text color atau color picker. Di menu color picker sendiri menyediakan warna yang sangat lengkap sehingga Anda bisa lebih leluasa memilihnya.

10. Mengubah struktur teks

membuat teks melengkung di photoshop

Photoshop menyediakan fitur bernama warp text yang berfungsi untuk mengubah struktur teks. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat tulisan melengkung, melingkar, bergelombang, flag, dan lain sebagainya.

11. Membuat efek 3D

efek 3d

Masih belum puas dengan hasil editan teks yang Anda buat? Kalau begitu coba gunakan fitur 3D atau 3 dimensi photoshop ini.

Fitur 3D ini memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak, posisi, sudut pandang, dan lain sebagainya untuk menciptakan efek tulisan yang lebih real dan keren.

12. Mengatur jarak spasi dan baris

cara mengatur jarak spasi photohop

Untuk memaksimalkan desain tulisan yang Anda buat, photoshop menyediakan fitur pengaturan jarak spasi dan baris. Caranya masuk ke menu windows kemudian pilih opsi character, maka selanjutnya akan muncul menu setelan untuk mengatur nilai dari jarak spasi dan baris tulisan Anda.

Baca Juga: Cara Install Font di Photoshop

Pertanyaan Terkait

Q: Mas cara mengedit teks yang sudah ditulis gimana ya?

A: Caranya sangat gampang sekali, yaitu klik dulu type tool yang ada di menu bagian kiri photoshop atau bisa juga dengan cara menekan tombol “T” di keyboard, kemudian klik tulisan yang ingin di edit.

Jika masih tidak bisa, coba klik dulu layer teks yang ingin Anda edit, baru klik bagian teks yang ada di kanvas.

Q: Mas saya kok nggak bisa mengganti font, ukuran, warna, dan lain-lain ya?

A: Mungkin Anda belum blok teksnya kali? Perlu di ingat, sebelum merubah teks atau memberi efek pada teks, jangan lupa blok dulu teksnya ya guys!

Q: Cara mindahin tulisan gimana gan?

A: Caranya juga mudah sekali, yaitu klik layer teks yang ingin di pindah, kemudian tekan tombol “V” di keyboard dan sekarang Anda sudah bisa menggeser kemana saja teks Anda. Cara ini juga berlaku untuk memindahkan gambar.

Jika ada pertanyaan lain silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar di bawah, insyaallah akan kami respon dengan baik.

Akhir kata, demikian pembahasan kita mengenai cara membuat tulisan di photoshop. Baca juga artikel tutorial photoshop lainnya hanya di Tutorian21.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *