Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di MS. Word

Diposting pada

Di dunia yang banjir informasi seperti sekarang ini, tingkat degradasi informasi antara pemberi dengan penerima informasi sangat tinggi. Untungnya sejak zaman dahulu hingga sekarang manusia mempunyai cara tersendiri untuk mengurangi atau menghindari degradasi informasi tersebut, yaitu dengan menggunakan simbol-simbol dalam berbagi informasi.

Simbol merupakan sesuatu yang mewakili atau menjelaskan tentang sebuah bentuk. Dengan adanya simbol-simbol maka akan meringkas suatu informasi dan proses berbagi informasi akan menjadi lebih efektif, semisal dengan adanya simbol kurang lebih yang digambarkan dengan plus dan minus (±).

Sebenarnya, simbol kurang lebih diambil dari simbol matematika yang umumnya digunakan untuk mewakili gagasan positif dan negatif, serta gagasan penjumlahan dan pengurangan. Akan tetapi dengan berjalannya waktu penggunaan simbol tersebut telah berkembang dan bisa diartikan menjadi kurang lebih.

Jika anda ingin membuat simbol kurang lebih (±) di Microsoft Word namun anda merasa kebingungan karena simbol tersebut tidak tersedia dalam keyboard, maka anda bisa membaca artikel ini dengan seksama.

Sebab dalam artikel Tutorian21 ini akan membagikan cara membuat simbol kurang lebih (±) di MS Word. Dan pastinya cara yang akan kami bagikan ini mudah dilakukan, bahkan bagi kalian yang masih sangat awam dalam tool MS Word.

Baca Juga: Cara Mengatasi File Excel Corrupt

Cara Menulis Simbol Kurang Lebih dengan Menu Symbols

Microsoft Word sebagai salah satu aplikasi pengolah kata terbaik sebenarnya sudah menanamkan jenis-jenis simbol di dalam aplikasinya, dan tentunya simbol kurang lebih juga ada di dalamnya.

Akan tetapi di setting default MS Word terkadang tidak langsung di tampilkan di awal muka halaman. Oleh sebab itu, kita harus mengaturnya terlebih dahulu agar simbol-simbol seperti simbol kurang lebih ini bisa muncul di awal menu symbols.

Cara untuk membuat simbol kurang lebih di word dengan menu symbols adalah :

  • Pertama, buka MS Word anda ( tutorial ini berlaku untuk semua jenis word).membuat simbol kurang lebih di word
  • Kedua, setelah MS word terbuka, kemudian pilih menu Insert. membuat simbol kurang lebih di word
  • Ketiga, di dalam menu insert, cari menu Symbols lalu pilih More Symbols (biasanya menu symbols berada di bagian paling kanan menu).membuat simbol kurang lebih di word
  • Keempat, pada bagian Subset, pilih Latin -1 Supplement, kemudian cari simbol ± .membuat simbol kurang lebih di word
  • Kelima, jika sudah ketemu simbol ±, klik simbol tersebut dan pilih Insert.membuat simbol kurang lebih di word
  • Maka simbol kurang lebih (±) sudah ada di dalam lembar kerja.membuat simbol kurang lebih di word

Cara Membuat Simbol Kurang Lebih Dengan Underline

Jika kita perhatikan lebih lanjut simbol kurang lebih (±), maka terlihat bahwa simbol tersebut seperti plus (+) yang diberi garis di bawahnya.

Dan dalam tutorial yang kedua dari membuat simbol kurang lebih di word kali ini akan menggunakan fitur di dalam MS Word yaitu Underline yang berguna untuk memberi garis dibawah karakter yang kita pilih.

Caranya cukup mudah yaitu:

  • Pertama. Buka MS Word anda.membuat simbol kurang lebih di word
  • Kedua. Ketik Plus (+) dalam lembar kerja word anda.membuat simbol kurang lebih di word
  • Ketiga. Blok Plus (+) dan pilih Underline ( U ) atau tekan kombinasi CTRL + U pada keyboard anda.membuat simbol kurang lebih di word
  • Maka hasilnya mirip dengan simbol kurang lebih bukan.membuat simbol kurang lebih di word

Sekian tutorial cara membuat simbol kurang lebih di dalam MS word dari kami. Apabila anda yang membaca artikel ini mempunyai kendala dalam mempraktekkan tutorial di atas atau anda memiliki cara yang lebih simpel dan mudah, kalian bisa tulis caranya di kolom komentar.

Terimakasih sudah berkunjung, salam hangat dari kami Tutorian21.
Jangan lupa bahagia 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *