Cara Membuat Linktree di Bio Instagram

Cara membuat Linktree di Instagram akhir-akhir ini cukup banyak dicari terutama oleh orang yang memiliki bisnis online. Pasalnya dengan adanya Linktree di instagram kita bisa membuat bisnis menjadi lebih cepat berkembang dan meningkatkan penjualan produk maupun jasa kita.

Pada dasarnya Linktree berfungsi sebagai media penghubung antara pemilik bisnis dan konsumen. Karena Linktree memiliki peran yang sangat penting, pada tutorial kali ini kita akan membahas cara membuat Linktree di Instagram untuk berjualan atau bisnis online.

Bukan hanya itu, kami juga akan menjabarkan secara lengkap mulai dari pengertian dan fungsi Linktree, cara membuat akun Linktree, hingga cara memasang Linktree di Instagram. Baiklah tanpa berlama-lama langsung saja kita ke pokok pembahasannya.

Pengertian dan Fungsi Linktree

Linktree adalah sebuah link halaman yang berisi link dari halaman-halaman lain. Jenis link yang bisa dimasukkan kedalam Linktree sangat beragam, bahkan bisa dibilang semua link bisa dimasukkan kedalamnya, misalnya seperti link Facebook, Twitter, Shopee,Tokopedia, Website Pribadi dan lain sebagainya.

Fungsi Linktree secara garis besar adalah untuk menejemen link. Anda dapat mengumpulkan beberapa link sekaligus untuk disatukan dalam satu halaman Linktree, dengan begini orang-orang tidak perlu repot-repot mencari link anda tersebut satu persatu karena sudah terkumpul dalam satu halaman.

Hal tersebut tentunya sangat membantu bagi kita yang memiliki bisnis online seperti berjualan lewat Instagram. Dengan membuat Linktree di Instagram, kita bisa memasukkan link platform dari toko online yang kita miliki dalam satu link bahkan informasi kontak WhatsApp dan juga Website jualan kita.

Cara Membuat Linktree di Instagram Untuk Berjualan

cara membuat linktree di instagram
Tampilan halaman Linktree yang sudah jadi

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam Bio Instagram kita hanya bisa mencantumkan satu link saja. Tentunya hal tersebut kurang menguntungkan bagi orang yang berbisnis di Instagram, karena dijaman sekarang ini hampir mustahil berjualan online hanya dengan mengandalkan Instagram saja tanpa ada toko-toko lain di market place.

Oleh sebab itu kita bisa menggunakan Linktree di Bio Instagram kita untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu dengan menggunkan Linktree di Instagram para calon customer akan lebih mudah untuk mengakses semua toko-toko kita di platform lain.

Untuk menggunakan Linktree kita harus mengetahui terlebih dahulu tahap-tahap untuk membuat Linktree, agar tidak ada kesalah yang dapat merugikan kita sendiri saat kita sudah mencantumkan Linktree di Bio Instagram.

Berikut beberapa tahap yang perlu kalian lakukan untuk membuat Linktree di Instagram:

  1. Membuat akun Linktree
  2. Memasukkan link akun ke dalam Linktree
  3. Membagikan Linktree

Pada tutorial ini kami asumsikan bahwa kalian tidak mengerti sama sekali tentang Linktree, jadi tutorial ini akan kita mulai dari cara membuat akun Linktree terlebih dahulu..

Membuat Akun Linktree

cara membuat linktree di instagram
Mendaftar Linktree

Untuk membuat akun Linktree kita tidak dipungut biaya apapun alias gratis dan hanya membutuhkan email yang masih aktif saja. Jika kalian belum mengetahui cara membuat akun Linktree bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama buka browser terlebih dahulu di HP atau PC 
  • Setelah itu kunjungi situs Linktree
  • Lalu saat halaman situs sudah terbuka, klik Signup untuk membuat akun Linktree baru
  • Maka anda akan dialihkan ke lembar formulir untuk pembutan akun baru Linktree. Isi semua daftarnya baik itu username, email, dan password
  • Setelah semua daftar terisi, selanjutnya klik Sign up with email
  • Maka otomatis akun Linktree anda berhasil dibuat

Setelah kalian berhasil membuat akun Linktree baru, kalian jangan lupa untuk membuka email kalian untuk verifikasi akun Linktree baru. Karena akun Linktree hanya bisa di share di Bio Instagram atau medsos yang lain jika sudah terverifikasi.

cara membuat linktree di instagram
Memasukkan link akun ke dalam Linktree

Langkah selanjutnya setelah kalian berhasil membuat akun Linktree adalah memasukkan link akun sosial media, toko online, website, atau WhatsApp ke dalam Linktree.

Memasukkan link-link dari toko online, website, atau WhatsApp ke dalam Linktree adalah proses paling penting dalam cara membuat Linktree di Instagram, karena proses ini adalah bahan yang akan ditampilkan di dalam halaman dari link Linktree yang kita buat.

Cara membuat Linktree akun WhatsApp

Kontak WhatsApp merupakan hal yang penting untuk dicantumkan di dalam berjualan di Instagram, karena terkadang pembeli akan menanyakan informasi barang terlebih dahulu ke pebjual sebelum ia membeli.

Kalian bisa membuat Linktree chat WhatsApp langsung, dengan mengikuti cara-cara dibawah ini:

  • Pertama Login ke Linktree dengan akun yang sudah anda buat sebelumnya
  • Setelah berhasil masuk dengan menggunkan akun Linktree anda, lalu pada menu Link anda pilih Add New Link untuk menambah link
  • Lalu pada bagian Title anda masukkan tulisan WhatsApp
  • Sedangkan pada Url anda isikan link WhatsApp chat pribadi anda
  • Untuk membuat link WhatsApp chat pribadi anda bisa meniru format link ini https://wa.me/nomor WhatsApp kamu (nomor WhatsApp menggunakan awalan 62) atau lebih mudahnya bisa melihat artikel tentang cara membuat link WA
  • Maka akun WhatsApp anda akan otomatis terinput ke dalm Linktree yang anda buat
  • Selesai

Cara membuat Linktree akun Shopee

Jika kalian memiliki akun Shopee, maka akan sangat bagus apabila kalian masukkannya ke dalam Linktree juga. Untuk membuat Linktree akun Shopee juga sangat mudah, yaitu:

  • Pertama buka akun Linktree anda
  • Kemudian masuk pada menu Link dan pilih Add New Link 
  • Pada bagian Title bisa anda isi dengan “Shopee”, sedangkan pada bagian Url anda isi link akun/toko Shopee anda
  • Secara otomatis akun Shopee anda sudah masuk di dalam Linktree anda
  • Selesai

Cara membuat Linktree akun Tokopedia

Selain Shopee, jika kalian memiliki akun Tokopedia akan sangat bagus jika kalian juga memasukkan link Tokopedia tersebut ke dalam Linktree anda.

Cara memasukkan Linktree akun Tokopedia adalah:

  • Seperti biasa, pertama-tama buka Linktree anda
  • Kemudian pilih Add New Link pada menu Link
  • Pada bagian Title anda bisa isi “Tokopedia” dan pada bagian Url anda isi link akun toko Tokopedia anda
  • Maka akun Tokopedia anda sudah masuk di dalam akun Linktree anda.
  • Selesai

Cara membuat Linktree akun Bukalapak 

Semakin banyak akun market place yang dimiliki sebuah toko online maka kepercayaan pelanggan terhadap toko tersebut akan semakin tinggi. Jika kalian memiliki akun Bukalapak akan sangat bagus bila memasukkan kedalam Linktree sekaligus.

Cara membuat Linktree akun Bukalapak juga sangat mudah, yaitu:

  • Pertama buka browser anda dan login ke akun Linktree anda.
  • Setelah berhasil masuk, pilih Link laluAdd New Link.
  • Pada bagian Title kalian namai “Bukalapak”, dan pada bagian Url isi dengan link akun toko Bukalpak anda
  • Lalu secara otomatis akun atau toko Bukalapak anda akan masuk ke dalam Linktree
  • Selesai

Cara membuat Linktree Website 

Hal ini merupakan jurus pamungkas yang harus kalian lakukan jika ingin membuat toko online kalian terlihat profesional dan keren dimata pembeli, yaitu dengan memasukkan link Website toko kalian. Karena jika kalian memiliki Website sendiri maka kepercayaan permbeli akan naik berkali-kali lipat.

Berikut cara membuat Linktree Website:

  • Pertama buka Linktree dengan menggunakan akun anda
  • Setelah berhasil masuk Linktree dan berada pada halaman Linktree Admin. Cari menu My Linktree (biasanya berada pada pojok kanan atas halaman)
  • Klik Share yang berada disampingnya. Akan ada banyak pilihan metode share yang dapat anda pilih, jika tidak ingin repot langsung pilih Copy Url saja
  • Maka Url Linktree anda sudah tersalin di clipboard HP atau PC anda dan bisa langsung dibagikan ke medsos, atau platform lainnya dengan menempelkan link tersebut

Setelah berhasil menyalin link dari akun Linktree, kalian bisa langsung membagikannya ke sosial media dengan posting status atau mengabarkan ke teman-teman kalian.

Membagikan Linktree

cara membuat linktree di instagram
Membagikan Linktree

Setelah kalian selesai memasukkan semua akun-akun ke dalam Linktree, tahapan selanjutnya adalah membagikan link Linktree ke khalayak umum. Akan tetapi kalian jangan lupa akun Linktree kalian harus sudah terverifikasi email terlebih dahulu.

Membagikan Linktree adalah langkah terakhir dalam tahapan tutorial ini. Untuk membagikan Linktree ke khalayak umum juga bukan hal yang susah, kalian hanya perlu menyalin link dari akun Linktree kalian.

Untuk lebih jelasnyakalian  bisa mengikuti cara cara dibawah ini:

  • Pertama buka Linktree dengan menggunakan akun anda
  • Setelah berhasil masuk Linktree dan berada pada halaman Linktree Admin. Cari menu My Linktree (biasanya berada pada pojok kanan atas halaman)
  • Klik Share yang berada disampingnya. Akan ada banyak pilihan metode share yang dapat anda pilih, jika tidak ingin repot langsung pilih Copy Url saja
  • Maka Url Linktree anda sudah tersalin di clipboard HP atau PC anda dan bisa langsung dibagikan ke medsos, atau platform lainnya dengan menempelkan link tersebut

Setelah berhasil menyalin link dari akun Linktree, kalian bisa langsung membagikannya ke sosial media dengan posting status atau mengabarkan ke teman-teman kalian.

Cara Memasukkan Linktree ke dalam Bio Instagram

cara membuat linktree di instagram
Memasukkan linktree di bio Instagram

Seperti pada judul artikel ini, kita akan membuat linktree di instagram. Untuk memasukkan Linktree ke dalam Bio Instagram kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama salin link Url Linktree anda, kemudian buka Instagram anda
  • Di dalam Instagram, masuk pada Profil dan pilih Edit Profil
  • Kemudian pada kolom Situs web kalian tempelkan link tersebut, dan pilih Simpan (tanda centang)
  • Maka proses memasukkan Linktree ke dalam Bio Instagram anda sudah selesai
  • Selesai

Penutup

Itulah cara membuat Linktree di Instagram untuk berjualan yang dapat kami bagikan. Penggunaan Linktree untuk meningkatkan bisnis online kalian di Instagram merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan, pasalnya para customer atau pembeli akan mendapatkan kenyamanan dari kemudahan mengakses link yang kalian miliki.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar