Cara Membuat Link WhatsApp di Bitly

Cara Membuat Link WA di BitlyWhatsApp atau yang biasa disingkat WA merupakan aplikasi pesan smarthphone yang paling bayak digunakan oleh orang sekarang ini. Selain kemudahannya dalam mengirim pesan karena menggunakan data internet, WhatsApp juga memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan kita dalam mengirim pesan.

Akan tetapi untuk mengirim pesan di WhatsApp kita hurus menyimpan kontak WA orang tersebut terlebih dahulu atau chat orang tersebut sudah ada dalam history chat kita di dalam aplikasi WhatsApp. Lalu bagaimana jika kita ingin mengirim pesan WA langsung tanpa harus menyimpan kontak WA tersebut terlebih dahulu?

Tenang saja, karena WA sekarang sudah memiliki fitur Click to Chat yang membuat kita bisa mengirim pesan WhatsApp secara langsung tanpa harus menyimpan kontak yang akan kalian hubungi terlebih dahulu. Akan tetapi untuk menggunakan fitur WhatsApp Click to Chart kalian harus terlebih dahulu membuat link WA yang mengarah ke kontak percakapan si penerima secara langsung.

Oleh karena itu, dalam artikel Tutorian21 kali ini akan membahas tentang cara membuat link WA chat langsung serta membuat link WA di Bitly. Tapi sebelum kita menuju ke tutorial membuat link WA chat langsung atau Link Wa di Bitly, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal di bawah ini.

Apa Itu Link WhatsApp?

Link WA (WhatsApp) adalah suatu link yang dibuat dengan menyingkronkan akun WA sehingga membuat orang yang membuka link WA tersebut bisa langsung menghubungi kalian. Link WA sering digunakan sebagai salah satu cara agar kita bisa mengirimkan chat ke suatu nomor tanpa harus menyimpannya dahulu.

Bahkan tidak hanya bisa membuat orang yang membuka link tersebut bisa menghubungi kita secara langsung, tapi dengan membuat link WA kita juga bisa menambah deskripsi template pesan sesuai yang kita inginkan.

Penggunaan link WhatsApp sangatlah aman karena hal tersebut didukung oleh pihak development WA langsung, jadi kalian tidak perlu khawatir terhadap privasi dan data dari WhatsApp kalian.

Apa Itu Bitly?

Bitly adalah website penyedia layanan penyingkatan URL/Link dan platform manajemen tautan. Bitly rilis pertama kali pada tahun 2008 oleh perusahaan Spectrum Equality. Dengan menggunakan Bitly kita bisa mempersingkat link menjadi pendek dan bahkan kita bisa membuat castom link sesuai yang kita inginkan.

Bitly merupakan situs penyedia shortlink gratis, namun jika kalian menginginkan bentuk menjemen link yang lebih baik, kalian bisa membeli paket yang disediakan Bitly. Paket tersebut akan memberi tambahan fitur seperti convert link mejadi code QR atau fitur-fitur lainnya yang bisa membantu kamu dalam menyingkat dan management link atau tautan.

Manfaat Membuat Link WA di Bitly

Jika di dalam pembahasan di atas kita sudah menjelaskan sedikit tentang pengertian dan gambaran mengenai Bitly, maka sekarang kita akan membahas apa saja manfaat yang akan kita dapat dengan membuat link WA di Bitly.

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu manfaat membuat link WA di Bitly, namun akan kami perjelas apa saja manfaat menggunakan link WA di Bitly:

  1. Link WA kalian akan menjadi singkat dan terlihat rapi.
  2. Kalian bisa custom link WA kalian di dalam back half Bitly.
  3. Bisa berbagi link WA di sosial media atau platform lain.

Secara sederhana, manfaat membuat link WA di Bitly di atas adalah alasan paling vital mengapa kita membuat link WA di Bitly. Seperti yang kita tahu kalau Link WhatsApp yang asli bisa sampai 70 karakter atau lebih apalagi jika kita membuat tambahan teks deskripsi di link WA tersebut, maka hal itu akan sangat tidak menarik jika kita tampilkan di sosial media, apalagi untuk media berjualan kita.

Dengan menyingkat link WA di Bitly maka kita akan mendapat link yang lebih pendek, selain itu link Bitly bisa bersifat universal sehingga bisa dibagikan dimana saja.

Oleh karena itu, membuat link WA Bitly sangatlah cocok untuk anda yang mempunyai situs atau bisnis seperti jualan online, sosial media, ingin mempromosikan suatu barang, atau hanya ingin untuk memperpendek karakter link WA anda saja.

Cara Membuat Link Chat WA Langsung

Cara membuat Link WA sebenarnya sangat mudah jika kalian sudah tahu code-code dalam membuat link WhatsApp. Dibawah ini akan kami jelaskan cara membuat link WA serta code-code untuk membuat link WA dengan tamabahan deskripsi di link tersebut.

Membuat link chat WA langsung (link biasa)

Membuat link WA biasa merupakan hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum membuat link WA di Bitly. Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu meniru salah satu format link WhatsApp berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=nomor WhatsApp kamu
https://wa.me/nomor WhatsApp kamu

Catatan: untuk penulisan nomor di link WhatsApp, kita wajib mengubah angka “0” menjadi 62 (kode wilayah Indonesia).

Misalnya nomor WhatsApp kamu adalah 081390312880, silahkan ganti angka “0” dengan angka “62” sehingga jadinya adalah 6281390312880.

Dalam penulisan link WhatsApp kita tidak boleh menggunakan spasi, jadi kalian harus cermat ketika membuat link, jika tidak maka hasilnya akan eror.

Perlu diketahui juga bahwa kedua format link tersebut asli dari pihak WhatsApp sendiri, jadi kalian tinggal memilih mau memakai format link yang mana, kalau saya pribadi memilih menggunakan yang kedua karena format penulisannya lebih singkat.

Berikut tampilan link WhatsApp yang dibuat dengan format di atas.

membuat link Wa di bitly

Membuat link chat WA langsung dengan tambahan teks

Setelah tahu cara membuat link chat WA langsung (link biasa), maka sekarang kita akan belajar membuat link WA dengan tambahan teks atau semacam kata sambutan untuk orang yang mengakses link WA kamu.

Tambahan teks di dalam Link WA chat langsung ini sangat cocok bila anda menggunakan WhatsApp untuk bisnis atau berjualan, karena akan membuat para pembeli merasa tersambut dengan kata-kata anda di dalam link WA tersebut.

Untuk membuat link WA dengan tambahan teks, kamu hanya perlu manambahkan beberapa kode setelah format link, untuk format link-nya sendiri sama dengan yang di atas. Berikut contoh dan penjelasannya:

Sebagai contoh di sini saya akan menambahkan kalimat “Hallo. Senang berkenalan dengan kalian di dalam link WA saya, maka format link WA lengkapnya adalah seperti di bawah ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281390312880&text=Hallo.%20Senang%20berkenalan%20dengan%20kalian
  1. https://api.whatsapp.com/send?phone=6281390312880 adalah format link dan nomor WhatsApp
  2. &text= adalah kode untuk memasukkan teks atau kalimat.
  3. %20 adalah kode untuk membuat spasi.
https://wa.me/6281390312880?text=Hallo.%20Senang%20berkenalan%20dengan%20kalian
  1. https://wa.me/6281390312880 adalah format link dan nomor WhatsApp
  2. ?text= adalah kode untuk memasukkan teks atau kalimat.
  3. %20 adalah kode untuk membuat spasi.

Kedua format di atas akan menghasilkan hasil yang sama yaitu seperti gambar di bawah ini.

membuat link Wa di bitly

Cara Membuat Link WA di Bitly

Seperti penjelasan di atas bahwa Bitly adalah platform yang berfungsi untuk memperpendek link dan menejemen URL. Umumnya orang akan memperpendek link WA mereka di Bitly agar link tersebut mudah diingat atau ditulis karena karakternya lebih pendek atau sedikit.

Selain itu di Bitly kita juga bisa membuat link secara custom dengan teks atau nama tertentu..

Cara membuat link WA di Bitly biasa

Untuk membuat link WA di Bitly sangatlah mudah, Caranya adalah:

  • Pertama buka situs Bitly.com
    membuat link Wa di bitly
  • Lalu Copy link Wa kalian dan Paste pada web Bitly pada kolom Shorten your Link, kemudian pilih Shorten
    membuat link Wa di bitly
  • Maka link WA pendek versi Bitly kalian sudah jadi
    membuat link Wa di bitly

Kalian tinggal menyalin link tersebut dan siap dibagikan ke sosmed atau website kalian.

Cara membuat link WA di Bitly custom

Cara di atas memang cepat, namun hasilnya link WA kita akan berupa kombinasi angka dan huruf acak yaitu https://bitly.is/3lfka9Q. Agar bisa menjadi link yng diinginkan misalnya seperti Bit.ly/WaSaya kita harus membuatnya secara custom.

Untuk membuat link WA di Bitly custom kita harus membuat akun dan login di Bitly terlebih dahulu. Kalian bisa login menggunakan email langsung atau media lain yang tersedia di sana.

Selanjutnya jika kalian sudah daftar dan login di Bitly, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Login di Bitly lalu pilih Creat
    membuat link Wa di bitly
  • Maka kalian akan dibawa pada jendela pop up untuk membuat link. Di sini Paste link WA kalian pada kolom Enter Long URL, Lalu Klik Creat
    membuat link Wa di bitly
  • Selanjutnya kalian akan dibawa pada pop up edit link. Perhatikan pada opsi kolom Costomize Back-Half.
    membuat link Wa di bitly
  • Ubah Back-half Link (angka dan huruf) yang ada di belakang tulisan “Bit.ly/” dengan teks atau angka sesuai yang kalian inginkan, biasanya orang akan menggantinya dengan nama bisnis atau perusahaan mereka. (kalau di sini saya mengubahnya menjadi “WaSaya”), lalu Pilih Save.
    membuat link Wa di bitly
  • Selesai, dan hasil link-nya akan menjadi Bit.ly/WaSaya.

Sekarang link WA Bitly custom sudah jadi, dan hasilnya menjadi lebih menarik dan mudah diingat orang daripada link WA biasa dan tanpa custom. Sekarang kamu bisa langsung membagikan link tersebut.

Demikian pembahasan tentang cara membuat link WA di Bitly, semoga bermanfaat…

Tinggalkan komentar