Cara Membuat Garis Tepi (Pinggir) di Word

Cara Membuat Garis Tepi di Word – Sudah menjadi hal umum kita menggunakan Microsoft Word untuk membuat surat atau dokumen tertulis lainnya. Namun terkadang, ditengah-tengah proses pengerjaan dokumen, kita lupa atau belum tahu cara membuat garis pinggir di Word, dan hal tersebut membuat proses pengerjaan dokumen jadi tertunda.

Garis tepi atau border di Word merupakan sebuah garis pinggir atau bingkai yang mengelilingi lembar kerja di Word. Garis ini memang tidak selalu digunakan dalam sebuah format surat atau dokumen, sehingga sangat wajar jika kita lupa cara membuat garis tepi tersebut.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang membutuhkan garis tepi di Microsoft Word dan kebetulan lupa atau belum tahu cara membuatnya, maka kalian berada pada artikel yang tepat.

Karena di dalam artikel Tutorian21 kali ini akan membahas tentang cara membuat garis pinggir di Word secara mudah dan cepat. Jadi, simak sampai selesai artikel ini dan temukan jawabnnya.

Apa Itu Garis Tepi / Pinggir Word?

Garis tepi atau garis pinggir di Word merupakan sebuah garis pembatas teks yang berada diujung sisi kertas lembar kerja Word. Garis pinggir atau tepi di MS Word seringkali dihubungkan dengan Margin, karena keduanya hampir memiliki tata letak yang sama.

Namun, sebenarnya antara garis tepi dengan Margin di Microsoft Word sangatlah berbeda, hal ini bisa kita lihat dari perbedaan mendasar atara keduanya, yaitu:

  1. Garis tepi memiliki bentuk nyata berupa garis yang membatasi lembar kerja MS Word, sedangkan Margin tidak terlihat dan hanya membatasi teks saja.
  2. Garis tepi terletak pada ujung kertas atau lembar kerja Word, sedangkan Margin terletak di ujung kalimat teks.
  3. Ketika sudah di print out, garis tepi akan ikut tercetak, sedangkan Margin tidak tercetak.

Jadi secara keseluruhan garis tepi Word adalah garis teks box yang mengitari lembar kerja MS Word, garis ini bisa kita atur dan sesuaikan bentuknya melalui menu Page Border. Untuk pembahasan lengkapnya kalian bisa melihat cara membuat garis tepi di Word berikut ini.

Cara Membuat Garis Tepi di Word

cara membuat garis tepi di word

Garis pinggir atau garis tepi Word bisa kita buat dan atur secara menyeluruh di menu Border, namun bagi kalian yang belum tahu langkah-langah membuat garis tepi Word bisa mengikuti panduan berikut ini.

  • Pertama, buka Microsoft Word di PC atau laptop kalian.
  • Setelah itu, buat dokumen baru dengan klik File > New > Blank Document atau bisa tekan kombinasi keyboard CTRL + N.
  • Setelah lembar kerja baru terbuat, kalian pergi ke Tabs Page Layout dan pilih menu Page Borders (untuk MS Word 2010 ke bawah) atau Tabs Design dan pilih menu Page Borders (untuk MS Word 2013 ke atas)
  • Maka kalian akan dibawa ke dalam menu Border and Shading, Pada menu inilah kalian bisa mengatur garis tepi sesuai keinginan kalian. Sebagai pembatu, di bawah ini kami jelaskan maksud dari tools-tools tersebut, antara lain:
    • Settings: Untuk memilih tipe garis tepi.
    • Style: Untuk memilih gaya garis tepi.
    • Color: Untuk mengubah warna garis tepi.
    • Width :Untuk mengubah ukuran garis tepi di Word.
    • Art: Untuk memilih stok ikon/emoji yang tersedia sebagai pemanis tampilan garis tepi.
    • Preview: Untuk melihat pratinjau hasil dari perubahan pada gari pinggir.
    • Apply to: Untuk mengatur halaman mana saja yang akan diberi garis tepi, seperti hanya halaman awal atau halaman tertentu saja, dan untuk seluruh halaman dilembar kerja.

Itulah langkah-langkah cara membuat garis tepi di Word, kalian bisa melakukan banyak kastomisasi bentuk dari garis pinggir dan juga formatnya secara leluasa sesuai kebutuhan kalian.

Cara Menghilangkan Garis Tepi di Word

cara membuat garis tepi di word dan menghapusnya

Apabila pada pembahasan sebelumnya kita sudah tahu cara membuat garis tepi di Word, maka pada pembahasan selanjutnya ini adalah cara menghilangkan garis tepi di Word.

Pembahasan ini sama pentingnya dengan membuat garis pinggir di MS Word, sebab penggunaan garis tepi di Word tidak selamanya digunakan seperti garis Margin.

Cara untuk menghilangkan garis tepi di Word sebenarnya hampir sama dengan cara membuatnya, yaitu melalui menu Border and Shading. Untuk langkah-langkah detail cara menghilangkan garis tepi di Word adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka dokumen Word yang akan di hapus garis pinggirnya.
  • Setelah terbuka, kalian pergi ke Tabs Page Layout dan pilih menu Page Borders (untuk MS Word 2010 kebawah). Atau Tabs Design dan pilih menu Page Borders (untuk MS Word 2013 keatas).
  • Maka kalian akan masuk ke menu Bording and Shading, kemudian pada bagian Setting pilih None.
  • Lalu pada bagian Apply to, pilih Whole Document agar semua garis tepi bisa hilang, dan terakhir klik OK.

Kalian juga bisa menyesuaikan penghapusan garis tepi di dokumen Word dengan mengatur pemilihan pada menu Apply to.

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara membuat garis tepi di Word yang dapat kami bagikan. Garis tepi atau pinggir di Word merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh MS Word, jadi bisa kalian atur sesuai dengan kebutuhan kalian.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *