Cara Membuat Garis Tepi pada Objek di Photoshop

Cara membuat garis tepi – Photoshop adalah aplikasi pengolah gambar yang serba guna, hampir semua kegiatan editing gambar bisa dilakukan di sini, termasuk membuat border atau garis tepi pada gambar atau objek.

Pada umumnya garis tepi atau border sendiri berfungsi untuk mempertegas sebuah objek gambar, atau bisa juga untuk membuat gambar tersebut kelihatan lebih mencolok dari pada yang lain.

Cara membuat garis tepi di photoshop sendiri bisa dibilang sangat mudah, karena kita hanya perlu memakai beberapa tool saja, dan saya yakin Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti step-step berikut ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh cara membuat garis pinggir di photoshop, saya ingin berbagi kumpulan artikel seputar tips dan tutorial photoshop yang sangat lengkap, dimana tutorial ini akan menambah wawasan dan skill editing Anda di photoshop.

Berikut linknya: tutorial photoshop lengkap bahasa Indonesia.

Baiklah kalau begitu tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai tutorial ini.

Cara Membuat Garis Tepi di Photoshop

1. Masukkan gambar ke photoshop

masukkan gambar ke photoshop

Pertama buka aplikasi photoshop Anda dan masukkan gambar yang akan diberi garis pinggir, caranya pergi ke menu file – open lalu pilih gambarnya dan klik ok/open.

2. Seleksi objek

cara membuat border di photoshop

Selanjutnya seleksi objek menggunakan tool seleksi yang Anda sukai. Di sini saya menggunakan magnetic lasso tool karena selain caranya mudah hasil seleksinya juga cukup rapi.

Usahakan membuat seleksi serapi mungkin agar hasilnya nanti lebih maksimal. Untuk membuat seleksi yang lebih rapi saya sarankan untuk memakai pen tool. Jika Anda belum pernah memakai pen tool silahkan simak tutorialnya pada video berikut ini.

3. Duplikat layer

duplikat layer

Duplikat layer yang telah di seleksi sebelumnya, caranya pergi ke menu layer – new kemudian pilih layer via copy atau Anda bisa menggunakan shortcut ctrl + j pada keyboard.

Hasilnya di atas layer Background akan muncul layer baru bernama Layer 1. Layer ini berasal dari potongan seleksi gambar yang telah dibuat di step kedua.

4. Buat garis tepi

blending option

Klik kanan pada Layer 1 lalu masuk ke opsi blending options maka akan muncul halaman baru. Pada halaman tersebut pilih stroke lalu atur setelannya seperti berikut ini:

cara membuat garis tepi di photoshop
  1. Atur size susuai kebutuhan, semakin tinggi nilainya maka akan semakin tebal garis pinggirnya.
  2. Atur position stroke apakah mau dibuat melebar ke arah luar atau ke arah dalam objek, di sini saya memilih outside atau luar.
  3. Di setelan blend mode saya biarkan tidak ada perubahan, namun jika Anda ingin mencoba-coba silahkan ubah saja.
  4. Pada setelan opacity saya berikan nilai 100. Semakin rendah nilai opacity maka akan semakin transparan garis strokenya.
  5. Di Fill type saya memilih color, jika Anda ingin memilih gradient atau pattern juga boleh-boleh saja.
  6. Tahap terakhir pilih warna garis tepi atau stroke yang Anda inginkan.
  7. Tekan Ok dan selesai.

5. Simpan gambar

Setelah semuanya selesai sekarang waktunya menyimpan hasilnya, caranya pilih menu file – save as lalu berikan nama file, ubah format file menjadi JPG, pilih folder untuk menyimpan, kemudian tekan save dan Ok.

cara membuat garis pinggir di photoshop

Baca Juga: Cara Resize Gambar di Photoshop

Akhir kata, demikian pembahasan kita mengenai cara membuat garis tepi di photoshop. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dan jangan lupa untuk share agar lebih banyak lagi orang yang tahu tentang cara membuat garis pinggir di photoshop.

Tinggalkan komentar