3 Cara Membuat Foto Hitam Putih di Photoshop Yang Keren

Diposting pada

Pada kesempatan ini saya akan membahas 3 cara membuat foto hitam putih di photoshop. Cara ini dimulai dari yang paling simpel sampai cara yang ribet namun akan menghasilkan efek hitam putih yang lebih keren.

Photoshop sendiri sebenarnya sudah menyediakan fitur untuk merubah foto menjadi hitam putih, namun orang-orang yang baru belajar photoshop mungkin tidak melihat fitur ini sehingga mereka kebingungan saat hendak membuat gambar hitam putih.

Di sini saya memakai photoshop CS6, jika Anda memakai photoshop versi lain baik itu di bawah atau di atas versi yang saya pakai maka jangan khawatir karena pada dasarnya cara dan langkah-langkahnya sama saja.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai tutorial membuat gambar hitam putih di photoshop ini!

Baca Juga: Cara Crop Foto di Photoshop

3 Cara Membuat Gambar Hitam Putih di Photoshop

1. Menggunakan Desaturate

desaturate

Desaturate adalah salah satu fitur photoshop yang dapat Anda pakai untuk mengubah foto berwarna menjadi hitam putih. Dengan fitur ini Anda bisa membuat foto hitam putih secara cepat atau instan hanya dengan satu langkah saja.

Berikut cara membuat foto hitam putih di photoshop dengan fitur desaturate:

  1. Buka aplikasi photoshop, lalu open gambar yang ingin Anda ubah warnanya menjadi hitam putih.
  2. Pergi ke menu image – adjustments – desaturate dan dalam sekejap warna foto Anda akan berubah menjadi hitam dan putih.
  3. Jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih singkat lagi silahkan tekan tombol ctrl + shift + u pada keyboard.

Cara ini merupakan cara paling sederhana dalam mengedit gambar hitam putih di photoshop. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda bisa menggunakan opsi kedua berikut ini.

2. Menggunakan Black & White

cara membuat foto hitam putih di photoshop

Cara membuat gambar hitam putih yang kedua adalah melalui fitur black and white. Cara ini memungkinkan Anda bisa mengatur tingkat kepadatan dari efek hitam putih secara custom melalui preset warna yang disediakan.

Berikut cara membuat foto hitam putih di photoshop menggunakan fitur black and white:

  1. Buka photoshop dan masukkan gambar yang akan dibuat menjadi hitam putih.
  2. Masuk ke menu image, kemudian pilih opsi adjustments lalu black & white.
  3. Pada menu setelan black & white Anda bisa memilih preset yang telah di sediakan, atau mengaturnya sendiri secara custom. Selain itu ada juga opsi auto yang akan menyetel gambarmu menjadi hitam putih secara otomatis. setting black and white
  4. Jika sudah langsung saja tekan ok dan kini Anda tinggal menyimpan hasilnya.

Slide warna yang tersedia di fitur black & white bisa Anda atur sesuai selera, baik mau ditambah atau dikurangi. Misalnya Anda mengurangi slide warna biru maka warna biru pada foto akan menghasilkan efek yang lebih gelap, sedangkan sebaliknya jika Anda tambahkan maka akan menghasilkan warna yang lebih terang.

3. Membuat Foto Hitam Putih yang Keren

Kurang lengkap rasanya jika saya tidak menyertakan cara membuat gambar hitam putih yang keren dengan photoshop.

Keren gimana sih bang?

Saya akan membuat sebuah objek berwarna yang berada di tengah-tengah kerumunan warna hitam putih. Untuk lebih jelasnya langsung saja lihat hasilnya di bawah.

Bagaimana, sudah lihat hasilnya? Ingin membuat efek hitam putih seperti itu? Jika iya, langsung saja ikuti langkah-langkah yang saya berikan berikut ini.

Cara membuat foto hitam putih di photoshop yang keren:

1. Buka photoshop dan masukkan foto

Seperti biasa, pertama-tama buka aplikasi photoshop Anda dan masukkan foto yang ingin di edit, pilih file – open – kemudian cari fotonya, atau jika ingin lebih cepat langsung saja drag and drop kedalam photoshop.

cara membuat foto hitam putih di photoshop

2. Buka icon gembok

Langkah selanjutnya buka icon gembok yang ada pada layer gambar, caranya klik dua kali pada icon gembok tersebut kemudian jika muncul pilihan pilih saja Ok. Step ini bertujuan agar Anda bisa mengedit layer gambar tersebut.

membuka gembok layer photoshop

3. Seleksi objek

Silahkan seleksi objek menggunakan tool seleksi favorit Anda. Di sini saya memakai pen tool untuk menyeleksi agar mendapat hasil yang lebih rapi. Jika Anda ingin memakai pen tool juga namun nggak tahu cara pakainya, silahkan tonton dulu tutorial pen tool pada video di bawah ini.

4. Mengaktifkan seleksi

Jika seleksi Anda sudah aktif silahkan skip step ini. Tanda seleksi yang aktif adalah terdapat titik atau garis putus-putus yang bergerak memutari objek. Untuk mengaktifkan seleksi klik kanan di area seleksi kemudian pilih make selection dan Ok.

cara seleksi photoshop

5. Membalik seleksi

Karena kita akan membuat backgroundnya saja yang menjadi hitam putih dan membuat objek tetap berwarna, maka kita perlu membalik seleksinya. Caranya pergi ke menu select kemudian pilih inverse, atau cara cepatnya tekan ctrl + shift + i.

6. Klik layer utama

Jika Anda berada di layer lain, silahkan beralih ke layer utama atau layer yang ingin di edit, caranya tinggal klik satu kali saja pada layer tersebut.

layer photoshop

7. Membuat efek hitam putih

Tahap terakhir tinggal menambahkan efek hitam putih, Anda bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk melakukannya.

8. Save hasilnya

Sekarang sudah selesai, dan Anda tinggal menyimpan hasilnya, pilih file – save as – pilih tempat menyimpan, kemudian berikan nama dan ubah format file menjadi JPG, lalu klik save dan Ok.

cara membuat background hitam putih di photoshop

Cukup sampai di sini tutorial cara membuat gambar hitam putih di photoshop. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, dan jangan lupa untuk share tutorial ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *