cara blur foto di photoshop

Cara Membuat Efek Blur di Photoshop di Bagian Tertentu

Diposting pada

Mau tahu cara membuat efek blur di photoshop dengan mudah, cepat, dan hasilnya keren? Yuk simak ulasannya berikut ini! Namun sebelum itu mari kita pahami dulu fungsi dan pengertian blur itu apa.

Dalam dunia fotografi, blur artinya adalah bagian gambar atau objek yang tidak fokus, tidak jelas, atau samar. Pada dasarnya efek ini tercipta dari hasil pengaturan tertentu atau dari cara pengambilan gambar yang salah dari seorang fotografer.

Namun efek ini juga bisa dibuat sendiri melalui aplikasi pengolah gambar seperti photoshop. Dengan mengandalkan tool dan efek-efek yang disediakan photoshop kita bisa membuat gambar blur dengan mudah dan tanpa ribet.

Pada umumnya efek blur memiliki dua fungsi, (1) untuk menutupi bagian-bagian sensitif yang ada pada gambar, (2) untuk mempercantik background dan menonjolkan objek foto, biasanya teknik blur ini sering juga disebut dengan bokeh.

Oke kalau begitu tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai tutorial cara membuat gambar blur dan cara membuat background blur di photoshop berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengubah Warna Baju di Photoshop

Cara Membuat Efek Blur di Photoshop

1. Blur Tool

Cara membuat efek blur di photoshop yang pertama adalah memakai fitur blur tool. Blur tool sendiri adalah fitur blur manual praktis yang disediakan photoshop. Fitur ini lebih sering dipakai untuk merapikan atau menyamarkan sisi-sisi bekas potongan gambar.

Cara blur gambar di photoshop menggunakan blur tool:

  1. Buka photoshop dan masukkan gambar yang ingin diberi efek blur. Seperti biasa, Anda bisa memasukkan gambar melalui menu file – open atau langsung drag and drop saja ke dalam photoshop.
  2. Pilih blur tool yang terdapat di menu bagian kiri photoshop. blur tool
  3. Atur ukuran kuas, bentuk kuas, dan ketebalan blur melalui menu brush preset picker. cara menggunakan blur tool photoshop
  4. Selanjutnya arahkan cursor mouse Anda ke bagian yang ingin di blur, kemudian klik dan gosok untuk membuat efek blur. cara menggunakan blur tool
  5. Selesai

Masih belum puas dengan hasilnya? Kalau begitu, mari coba gunakan cara selanjutnya dengan efek blur yang berbeda.

2. Mosaic

Efek blur mosaic biasanya dipakai untuk menutupi atau menyensor bagian-bagian yang dinilai sensitif yang ada dalam foto.

Berikut cara membuat efek blur di area tertentu dari gambar dengan fitur mosaic photoshop.

  1. Buka aplikasi photoshop dan masukkan foto yang ingin diberi sensor blur.
  2. Kemudian pilih rectangular marquee tool jika ingin membuat area blur berbentuk persegi, atau pilih elliptical marquee tool jika ingin membuat area blur berbentuk lingkaran. rectangular lasso tool
  3. Selanjutnya klik dan seret mouse Anda di area yang ingin di blur sehingga akan membentuk seleksi persegi atau lingkaran. seleksi blur
  4. Tekan ctrl + j pada keyboard untuk menduplikat layer. duplikat layer
  5. Masuk ke menu filter – pixelate – mosaic, maka akan muncul pengaturan mosaic seperti gambar di bawah ini. cara blur wajah di photoshop dengan filter mosaic
  6. Atur nilai blurnya sesuai kebutuhan Anda, lalu klik Ok.
  7. Selesai.

3. Filter Blur

Photoshop sendiri menyediakan berbagai macam filter blur untuk penggunanya. Filter-filter ini biasanya dipakai untuk memberi efek blur dan bokeh pada background layaknya foto dari hasil jepretan kamera DSLR atau Mirrorless dengan lensa mahal.

Berikut cara membuat background blur di photoshop dengan memakai fitur filter blur.

  1. Langkah pertama buka aplikasi photoshop, kemudian masukkan foto yang background nya ingin dibuat blur dan bokeh.
  2. Seleksi objek utama foto menggunakan tool seleksi favorit Anda, di sini saya memakai magnetic lasso tool. Seleksi dengan rapi dan teliti agar hasilnya nanti rapi juga. seleksi objek gambar
  3. Selanjutnya masuk ke menu select dan pilih inverse untuk membalik seleksi. inverse
  4. Masuk ke menu filter – blur dan pilih field blur. cara menggunakan filter blur
  5. Pada setelan blur tool, silahkan atur tingkat blur sesuai kebutuhan Anda. cara blur background di photoshop
  6. Kemudian pada setelan blur effects atur tingkatan light bokeh, bokeh color, dan light range sesuai keinginan.
  7. Terakhir pilih Ok untuk menerapkan setelan blur pada gambar.
  8. Selesai

Dalam menu filter – blur tersedia banyak efek-efek blur yang patut Anda coba. Anda bisa bereksperimen dengan efek blur lain seperti iris blur, box blur, radial blur dan lain sebagainya.

Akhir kata, demikian tutorial membuat gambar blur dengan adobe photoshop, semoga tutorial ini dapat membantu Anda, dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan sampaikan saja di kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *