Cara Membuat Dokumen/Halaman Kerja Baru di Photoshop

Diposting pada

Cara membuat dokumen / halaman kerja baru di Photoshop – Salah satu aplikasi edit gambar dan desain grafis terbaik saat ini adalah Photoshop. Di kalangan para fotografer dan desainer grafis Photoshop sangat populer, karena di aplikasi ini pengguna hampir bisa melakukan apapun mulai dari mengedit foto sampai membuat desain poster dan logo.

Membuat dokumen baru di photoshop dengan cara yang benar

Untuk mulai membuat sesuatu di Photoshop tentu yang harus di lakukan adalah membat dokumen atau halaman kerja kosong (baru) terlebih dulu. Di halaman kerja tersebut anda bisa membuat apapun, seperti menggambar, menambahkan teks, sampai memberikan efek yang mempercantik gambar anda.

Nah, bagi kalian yang baru mulai belajar dan belum tahu bagaimana cara membuat dokumen / halaman kerja baru di Photoshop yang benar, Admin akan mengajarkannya kepada kalian secara lengkap agar tidak salah saat membuat dokumen di Photoshop. Kan repot jika sudah lama-lama mengedit ternyata ukuran dokumennya tidak sesuai.

Baiklah tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai saja tutorialnya. Oh iya, di sini Admin menggunakan Photoshop versi CC, jika kalian memakai versi lain tenang saja karena caranya juga sama.

Baca Juga:

Membuat Dukumen/Halaman Kerja Baru Photoshop

1. Pertama bukalah aplikasi Photoshop di Pc / laptop anda. Kemudian pilih File -> New atau tekan CTRL + N agar lebih cepat.

Cara membuat dokumen baru di photoshop dengan cara yang benar

2. Jika sudah maka akan muncul jendela baru untuk mengatur dokumen yang akan di buat. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Cara membuat lembar kerja baru photoshop

Dari gambar di atas terdapat beberapa pengaturan untuk menyesuaikan dokumen atau lembar kerja anda. Keterangannya adalah sebagai berikut:
  • Name: Adalah nama dokumen yang anda buat, jika tidak di ubah maka dokumen tersebut akan bernama “Untitled” secara otomatis. Namun anda juga bisa mengganti namanya saat akan menyimpan dokumen nanti.
  • Document Type: Digunakan untuk mengatur tipe dokumen itu sendiri. Ada beberapa tipe yang bisa anda pakai, seperti default Photoshop size, U.S, paper, international paper, photo, web, mobile app design, film, artboard, dan custom.
  • Size: Jika anda memilih tipe dokumen photo atau paper maka anda bisa mengatur size seperti membuat ukuran foto 2×3 atau kertas A4.
  • Width: Digunakan untuk mengatur lebar halaman kerja sesuai keinginan anda.
  • Heigth: Untuk mengatur tinggi halaman kerja yang anda buat agar sesuai keinginan.
  • Resolution: Untuk mengatur resolusi gambar, semakin tinggi nilainya maka semakin halus/jelas gambar dan semakin besar juga ukuran file-nya.
  • Color Mode: Disini anda bisa memilih mode warna sesuai kebutuhan. Pada umumnya orang-orang menggunakan RGB sebagai standar, namun jika gambar yang anda buat akan di print mungkin lebih baik mengubahnya menjadi CMYK.
  • Bacground Content:  Disini anda bisa menentukan warna untuk halaman kerja, pilih white untuk warna putih, black untuk warna hitam, dan transparent untuk membuat halaman tampak transparan.
3. Jika sudah selesai langsung saja tekan Ok. Sekarang halaman kerja baru sudah berhasil anda buat, kini tinggal menuangkan kreativitas anda kedalamnya.
Seperti itulah kira-kira cara untuk membuat dokumen atau halaman kerja baru di Photoshop. Jika ingin cara cepat tanpa melalui menu file maka langsung saja tekan CTRL+N pada keyboard anda.
Demikian pembahasan tentang cara membuat dokumen baru di Adobe Photoshop. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda, terimakasih sudah membaca dan jika anda ingin belajar Photoshop silahkan baca tutorialnya di Tutorian21.
Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *