Cara Mematikan Keyboard Laptop

Diposting pada

Pernahkah anda dalam posisi dikejar dateline namun tiba-tiba keyboard laptop eror, keyboard mengetik sendiri, atau bahkan ada beberapa tombol yang rusak? Mau dibawa ke tempat servis tapi takut jadinya lama dan biayanya mungkin juga tidak murah.

Untuk mengatasi masalah itu dengan cepat tanpa harus membawanya ke tempat servis, anda bisa mematikan keyboard laptop anda yang eror itu lalu kemudian beralih ke keyboard eksternal untuk melanjutkan dateline anda.

Lantas bagaimana cara mematikan keyboard laptop? Nah dalam artikel ini saya akan membahas 3 cara mematikan keyboard laptop yang rusak atau eror. Cara ini bisa berlaku disemua jenis laptop, jadi silahkan simak dan ikuti cara dibawah ini.

Baca Juga: Cara Menyalakan & Mematikan Lampu Keyboard Laptop

Cara Mematikan Keyboard Laptop dengan Tombol Shortcut

cara mematikan keyboard laptop

Cara mematikan keyboard yang pertama ini tergolong mudah dan simpel. Karena disebagian besar jenis laptop mempunyai tombol yang berfungsi untuk menonaktifkan fungsi keyboard itu sendiri.

Sekarang carilah tombol tersebut, biasanya tombol itu memiliki logo keyboard kecil. Jika sudah ketemu, tekan tombol itu dengan kombinasi FN atau CTRL+ALT untuk mulai menonaktifkan keyboard internal anda.

Akan tetapi bila laptop anda tidak memiliki tombol tersebut, coba anda periksa pada bagian samping kanan atau kiri laptop anda. Biasanya di sana juga terdapat tombol yang berfungsi untuk menonaktifkan keyboard.

Dan jika kedua tombol tersebut tidak ada, anda bisa mengikuti cara selanjutnya yang ada di bawah ini.

Cara Mematikan Keyboard Laptop dengan Device Manager

Cara mematikan keyboard yang kedua ini tergolong ampuh, karena device manager adalah sebuah fitur yang digunakan untuk mengatur semua perangkat yang terhubung pada laptop.

Dan tentunya anda bisa menggunakan device manager untuk mematikan keyboard internal laptop anda. Untuk caranya anda bisa mengkuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Step pertama, buka Device manager dengan cara klik kanan pada tombol Start lalu pilih Device manager.
  2. Step kedua, pada Device Manager akan banyak pilihan perangkat. Di sana cari dan pilih Keyboard, lalu pilihlah keyboard internal anda yang terdeteksi. Biasanya akan terdeteksi dengan nama Enhanced PS/ 2 Keyboard atau Stadard PS/2 Keyboard.cara mematikan keyboard laptop
  3. Step ketiga, klik kanan pada Enhanced PS/ 2 Keyboard atau Stadard PS/2 Keyboard, Kemudian pilih Update Driver Software.cara mematikan keyboard latop
  4. Step keempat, pilih Browse My Computer for Driver Software.cara mematikan keyboard laptop
  5. Step kelima, pilih Let Me Pick From a List of Device.cara mematikan keyboard laptop
  6. Step keenam, buang centang pada menu Show Compatible Hardware. Hal akan memunculkan perangkat-perangkat yang tidak terpasang karena tidak sesuai dengan laptop anda.cara mematikan keyboard laptop
  7. Step ketujuh, pilihlah salah satu opsi driver yang tidak sesuai dengan laptop anda. Sebagai contoh di sini saya sedang memakai laptop asus tapi memilih driver Jing Mold.cara mematikan keyboard laptop
  8. Step kedelapan, jika sudah maka akan muncul notifikasi peringatan. Akan tetapi jangan khawatir dan hiraukan saja lalu plih opsi YES.cara mematikan keyboard laptop
  9. Step kesembilan, tunggu sampai pemasangan driver selesai sehingga muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini.cara mematkan keyboard laptop

Di atas adalah cara mematikan keyboard dengan mengganti driver keyboard laptop dengan driver yang tidak kompitebel, sehingga keyboard laptop anda akan otomatis terdisfungsi sendiri.

Dan perlu kalian ketahui bahwa cara mematikan keyboard laptop ini bisa digunakan pada sebagian besar jenis laptop baik itu Acer, Asus, Dell, Toshiba, dan lain sebagainya selama masih mengunakan OS windows bukan Apple ataupun Linux.

Cara Mematikan Keyboard dengan Permanen

Pada beberapa kasus tertentu, cara kedua diatas yaitu mematikan keyboard dengan mengganti driver bisa saja gagal. Hal tersebut dikarenakan windows mempunyai semacam fitur kemanan yang berfungsi menginstal ulang driver secara otomatis saat laptop di restart.

Nah, pada cara ketiga mematikan keyboard ini kita akan menggunakan fungsi dari Policy Editor. Policy Editor sendiri adalah sebuah program yang berfungsi mengatur semua perangkat dan jaringan yang terhubung di sistem laptop.

Jadi kita akan menonaktifkan fitur update driver otomatis, sehingga keyboard laptop anda bisa mati secara permanen.

  1. Step pertama, tekan kombinasi Windows+R kemudian ketik ” gpedit.msc “, lalu klik OK.cara mematikan keyboard laptop
  2. Step Kedua, pilih Computer Configuration File dan buka Administrative Template.cara mematkan keyboard laptop
  3. Step Ketiga, pilih System kemudian buka Device Installation.cara mematikan keyboard laptop
  4. Step Keempat, Buka menu Device Installation Restrictions. Lihat pada bagian kanan, lalu klik opsi Prevent installation devices.cara mematikan keyboard laptop
  5. Step Kelima, pilih Enabled, lalu klik OK.cara mematikan keyboard laptop

Cara Menghidupkan Kembali Keyboard Laptop

Sebenarnya cara menghidupkan kembali keyboard hampir sama dengan mematikan keyboard. Yang membedakan hanyalah jika mematikan keyboard kita memilh driver yang tidak kompitabel dengan laptop kita dan jika kita ingin menghidupkan kembali tinggal memasang driver yang kompatibel.

Caranya ikuti langkah mematika keyboard yang kedua, akan tetapi pada opsi pemilihan driver silahkan pilih Enhanced PS/ 2 Keyboard atau Stadard PS/2 Keyboard. Lalu klik Next dan simpan perubahan pengaturannya.Cara mematikan keyboard laptop

Demikian pembahasan kita tentang cara mematikan keyboard laptop yang rusak, eror, dan ngetik sendiri. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk teman-teman semua, dan jangan lupa share melalui tombol di bawah agar lebih banyak lagi orang yang tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *