Cara Mematikan Centang Biru dan Centang 2 di WhatsApp

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa WhatsApp memiliki beberapa simbol dengan arti yang berbeda-beda, diantaranya yaitu centang satu, centang dua, dan centang biru. 

Dalam ketentuan WhatsApp, centang satu memiliki arti pesan sudah terkirim namun belum masuk ke kontak tujuan, centang dua memiliki arti pesan sudah terkirim dan sudah masuk ke kontak tujuan, sedangkan centang biru memiliki arti bahwa pesan sudah dibaca penerima.

Tanda-tanda tersebut bertujuan untuk membantu pengguna WhatsApp untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pesan yang mereka kirim. Namun untuk sebagian orang justru ingin menghilangkan tanda tersebut karena alasan tertentu. 

Nah, bagi kalian yang ingin menghilangkan centang 2 dan centang biru WhatApp, kalian sangat tepat sudah membaca artikel ini. Karena di artikel kali ini saya akan membagikan cara mematikan centang 2 di WhatsApp dan juga cara mematikan centang biru di WhatsApp. 

Cara Mematikan Centang 2 dan Centang Biru di WhatsApp

Secara resmi WhatsApp memang telah menyediakan fitur untuk mematikan centang biru, namun tidak dengan centang 2.

Untuk mematikan tanda centang biru di WhatsApp resmi kalian bisa pergi ke menu Setelan – Akun – Privasi – kemudian nonaktifkan opsi Laporan dibaca.

Sedangkan jika kalian ingin mematikan centang 2 dan centang biru, kalian perlu menggunakan aplikasi WhatsApp MOD atau WhatsApp yang sudah dimodifikasi.

Dalam WhatsApp yang telah dimodifikasi tersebut telah ditambahkan berbagai macam fitur menarik, salah satunya adalah fitur untuk menghilangkan centang biru dan centang dua.

Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan salah satu aplikasi WhatsApp Mod yang bernama GB WhatsApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi WhatsApp Mod yang sudah ada sejak lama, dan bahkan namanya sudah cukup terkenal di kalangan pengguna android.

Berikut cara mematikan centang biru dan centang 2 di GB WhatsApp.

1. Uninstall aplikasi WhatsApp yang anda pakai sekarang, namun sebelum itu cadangkan WhatsApp anda agar data chat, gambar, dan video tidak hilang. 

Caranya masuk ke WhatsApp kemudian klik icon titik tiga yang ada di kanan atas, lalu masuk ke Setelan > Chat > Cadangkan Chat > Cadangkan dan tunggu prosesnya sampai selesai.

cara mematikan centang biru di whatsapp

2. Karena GB WhatsApp tidak ada di play store, kalian bisa mendownload file aplikasinya pada link di bawah ini. Setelah proses download selesai, cari file GB WhatsApp di dalam File Manager HP kalian, biasanya akan berada di dalam folder Download.

cara mematikan centang biru di whatsapp

3. Setelah itu install GB WhatsApp tersebut. Jika muncul peringatan, silahkan beri izin untuk menginstall aplikasi dari sumber tidak dikenal. Hal ini tidak berbahaya, karena memang begitulah cara agar kita bisa mengintall aplikasi dari luar play store.

cara mematikan centang biru di whatsapp

4. Buka GB WhatsApp dan masuklah dengan nomor WhatsApp anda. jangan lupa untuk memulihkan data cadangan WhatsApp anda agar chat, gambar, video, dan file-file lainnya bisa kembali di GB WhatsApp ini.

cara mematikan centang biru di whatsapp

5. Untuk mematikan centang 2 dan centang biru silahkan klik icon titik tiga yang ada di kanan atas, kemudian pilih GB Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Contacts lalu centang pada opsi Sembunyikan Centang Biru dan Sembunyikan Centang Kedua.

Cara menyembunyikan centang biru di whatsapp

Selamat, anda sudah berhasil mematikan centang biru dan centang 2 di WhatsApp. Sekarang orang yang mengirim pesan ke anda akan mengira pesannya tidak masuk, dan mekipun anda membuka pesan tersebut maka centangnya akan tetap satu, alias tidak ada centang dua dan centang birunya.

Selain bisa mematikan centang biru dan centang 2, anda juga bisa mematikan tanda Mikrofon biru, Mengetik…, dan Merekam…

Manfaat dan Akibat Mematikan Centang Biru dan Centang 2 di WhatsApp

Bagi orang-orang sibuk, mematikan centang biru dan centang 2 di WhatsApp dapat sangat bermanfaat. Misalnya saat mendapat pesan di waktu yang sangat padat dimana anda tidak bisa membalasnya langsung, maka dengan mematikan centang biru dan centang 2 anda bisa membuka pesan tersebut tanpa diketahui pengirim.

Dengan begini anda bisa membalas pesan tersebut kapanpun anda mau. Anda juga bisa memberikan alasan mengapa anda baru membalas pesannya, misal kemarin HP ketinggalan di rumah, HP sedang rusak, atau alasan-alasan yang lain.

Dalam pengaturan GB WhatsApp terbaru ini, anda masih bisa melihat centang biru dan centang 2 pada pesan yang anda kirim ke orang lain. Tidak seperti GB WhatsApp yang dulu, dimana ketika kita mematikan centang biru dan centang 2, maka kita maupun orang lain akan sama-sama tidak bisa melihat tanda centang biru dan 2 tersebut.

Penutup

GB WhatsApp memang selalu memberikan fitur-fitur menarik yang tidak dimiliki WhatsApp original. Selain fitur untuk mematikan centang biru dan centang 2, sebenarnya masih ada banyak sekali fitur lain, seperti melihat status tanpa diketahui, mode pesawat, pengaturan tampilan, dan masih banyak lagi. 

Cukup sekian pembahasan kita tentang cara mematikan centang biru di WhatsApp dan  cara mematikan centang 2 di WhatsApp. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk anda. Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel kami yang lainnya.

Tinggalkan komentar