Cara Inspect Element di HP, Lihat dan Edit Kode HTML Mudah

Cara Inspect Element di HP – Inspect element adalah sebuah fitur pada browser dekstop yang memungkinkan kita bisa melihat dan mengubah kode HTML sebuah web secara sementara. Dengan fitur ini kita bisa mengubah tampilan web mulai dari warna, teks, dan lain-lain.

Selain itu, Inspect Element juga sangat berguna bagi para pekerja IT untuk menguji skrip yang mereka buat, sebab melalui fitur ini kita bisa melihat jika ada bug ataupun kesalahan dalam kode tersebut.

Namun sayangnya fitur Inspect Element hanya tersedia di browser dekstop saja, dan jika kita ingin mengaksesnya melalui HP maka kita membutuhkan cara atau trik khusus.

Apa itu Inspect Element?

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara Inspect Element di HP, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu seluk-beluk dari fitur Inspect Elment, agar kita bisa tahu fungsi dari fitur ini secara menyeluruh.

Inspect Element adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita bisa melihat dan mengubah kode dasar suatu halaman web secara sementara tanpa harus mengubah kode aslinya.

Dengan Inspect Element kita juga bisa melakukan editing kode dasar suatu web secara live, sehingga hasil dari tampilan yang kita masukkan di kode dasar tersebut bisa kita lihat secara langsung.

Inspect Element sendiri memiliki panel yang dilengkapi dengan inspect tools yang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Panel Elements/Document Object Model (DOM) yang berisi kode source HTML, Panel CSS yang dapat kita gunakan untuk mengubah kode dasar web, dan Panel Console yang berisi catatan log kode JavaScript.

Fungsi Inspect Element

  1. Mengedit panel CSS secara langsung tanpa harus menggunakan tools lain.
  2. Mengetes berbagai macam layout website.
  3. Mengecek dubug atau kesalahan pada kode web.
  4. Mengedit elemen halaman serta tampilannya secara sementara sesuai yang kita inginkan.

Cara Inspect Element di HP Tanpa Aplikasi

Sebenarnya untuk melakukan Inspect Element di HP bukanlah hal yang sulit, sebab kita bisa melakukannya secara langsung menggunakan browser bawaan HP kita.

Akan tetapi langkah-langkah Inspect Element di HP dengan browser ini agak rumit, sebab pada dasarnya fitur ini tidak tersedia secara resmi, dan kita hanya melakukan trik khusus untuk memunculkannya.

Berikut cara Inspect Element di HP tanpa aplikasi secara lengkap.

  • Pertama buka browser di HP kamu, di sini kami menggunakan browser chrome.
  • Kunjungi web yang ingin kamu Inspect halamannya.
    cara inspect element di hp tanpa aplikasi
  • Masuk ke kolom URL dan tambahkan kode “view-source:” di awal URL halaman tersebut. Contohnya seperti ini: “view-source:https://tutorian21.com/”. Setelah itu tekan Enter.
    cara inspect element di hp tanpa aplikasi
  • Maka secara otomatis kode pada halaman web tersebut akan terlihat sepenuhnya.
    cara inspect element di hp tanpa aplikasi

Perlu diketahui bahwa inspect element dengan cara ini hanya akan menampilkan kode nya saja. Kita hanya bisa melihat kode tersebut tanpa bisa mengedit nya.

Apabila kamu ingin dapat mengedit kode HTML atau CSS melalui HP, maka kamu membutuhkan aplikasi HTML editor. Ada banyak aplikasi HTML editor, dan salah satunya adalah Inspektur Situs Web HTML/CSS.

Untuk cara menggunakan aplikasi HTML editor silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Inspect Element di HP dengan HTML Editor

Sebenarnya untuk inspect element dan mengedit kode-kode nya melalui HP dapat kita lakukan dengan bantuan aplikasi HTML editor.

Aplikasi ini secara khusus dibuat untuk bisa menjalankan fitur inspect element di HP dengan fitur dan penggunaan yang tidak jauh berbeda dengan inspect element versi PC.

Berikut cara Inspect Element di HP dengan aplikasi HTML editor:

  • Download dan pasang aplikasi HTML editor di Play Store.
  • Buka aplikasinya dan kunjungi situs yang ingin kamu Inspect Element.
  • Klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas, dan pilih Edit Page Source.
    cara inspect element di hp dengan html inspector
  • Setelah itu akan muncul kode HTML dan CSS dari web tersebut, untuk mengeditnya kamu tinggal pilih kolom yang ingin diedit. Dan setelah selesai klik ikon upload untuk menyimpan perubahan.
    cara inspect element di hp dengan html inspector
  • Maka setelah itu tampilan web akan berubah sesuai dengan yang kamu edit.
    cara inspect element di hp dengan html inspector

Untuk menampilkan kode HTML pada bagian tertentu, kamu bisa menggunakan ikon jari telunjuk untuk tap area yang ingin kamu lihat kode nya, misalnya pada bagian heading, foother, menu, dan lain-lain.

Itulah pembahasan tentang cara Inspect Element di HP yang dapat kami bagikan. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply