Cara Download File Google Drive dengan IDM

Cara Download File Google Drive dengan IDM – Google drive merupakan salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud terbaik dan paling panyak digunakan saat ini. Hal tersebut karena kecepatan download maupun upload file di google drive sangatlah cepat dan stabil.

Selain itu, pihak Google sendiri sangat mempermudah para pengguna dalam menggunakan google drive, karena hanya dengan membuat akun Gmail saja kita akan mendapatkan akses google drive pribadi dengan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB.

Akan tetapi belakangan ini para pengguna G-drive seringkali kesusahan dalam proses download file dalam google drive menggunakan IDM (Internet download manager).

Kejadian yang paling banyak adalah IDM tidak bisa otomatis mendownload file yang ada di dalam google drive, atau walaupun sudah menggunakan cara manual yaitu menyalin link download dari google drive dan memasukkannya kedalam IDM tetap saja filenya tidak dapat didownload. Lantas bagaimna cara download file google drive dengan IDM agar berhasil?

Nah, pada artikel Tutorian21 kali ini akan membahas tentang cara download file Google drive dengan IDM. Namun sebelum ke pokok pembahasannya kita harus mengetahui dulu apa penyebabnya IDM tidak dapat otomatis mendownload file dari google drive.

Baca juga: Cara Download Suara Google Translate

Penyebab IDM Tidak Bisa Download File Google Drive

cara download file google drive dengan idm

Sebenarnya, kunci keberhasilan suatu cara dalam mengatasi masalah adalah mengetahui penyebab masalahnya, begitu juga dengan cara download file google drive dengan IDM.

Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan IDM tidak bisa download file di google drive, akan tetapi kami hanya akan membahas penyebab-penyebab yang bersifat vital saja.

1. IDM belum diperbaharui versinya

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa suatu development atau pengembang aplikasi terus memperbaharui versi aplikasinya untuk menghilangkan bug atau kesalahan-kesalah sistem dalam versi aplikasinya yang lama, begitu juga dengan Internet download manager (IDM).

Terkadang hal yang membuat kita tidak bisa mengunduh file dari google drive dengan IDM adalah karena versi IDM yang kita gunakan belum dalam versi yang terbaru. Jadi sebelum kalian mendownload file dari google drive dengan IDM, lebih baik kalian memperbaharui versi IDM terlebih dahulu jika sudah ada.

2. IDM belum diaktivasi

Penyebab kedua yang membuat kita tidak bisa download file Google drive menggunakan IDM adalah karena belum mengaktvasi IDM yang kita gunakan.

Internet download manager (IDM) adalah salah satu aplikasi yang berbayar, sehingga untuk menggunakannya kita perlu mengaktifasi aplikasinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Kalian bisa membeli lisensi aplikasi IDM untuk mengaktivasi atau mencoba trial IDM selama 30 hari.

Seringkali kasus yang terjadi dilapangan mengenai IDM tidak bisa download file di G-drive adalah karena sebelumnya menggunakan trial IDM selama 30 hari dan lalu lupa untuk mengaktivasi setelahnya.

Jadi, usahakan kalian cek aktifasi aplikasi IDM terlebih dahulu sebelum menggunakan download file google drive dengan IDM, karena jika IDM kalian belum aktif maka otomatis tidak bisa digunakan termasuk untuk downlaod file dari tempat lain..

3. Link Google drive mati

Penyebab ketiga yang membuat IDM tidak bisa download file di Google drive adalah link Google drive yang menuju file sudah mati. Kasus link mati dalam Google drive merupakan hal yang sering ditemui dalam proses mengunduh file di internet.

Sebenarnya link google drive mati bukan berarti file didalamnya hilang ataupun terhapus, akan tetapi kebanyakan kasusunya yang terjadi adalah kita tidak memiliki akses untuk menguduh file tersebut. Tidak memiliki akses ini bisa disebabkan oleh sang pengunggah yang mencabut izin kita untuk memuat link tersebut.

Jika kalian mengalami hal tersebut coba kalian login google drive dengan akun G-mail yang berbeda, dan aktifkan semua perizinan yang diminta mengenai akses dari google drive. Atau kalian bisa menghubungi pemilik file atau link untuk memperbarui link tersebut karena tidak bisa di akses.

Baca Juga: Cara Install IDM Permanen Gratis

Cara Download File Google Drive dengan IDM

Internet download manager (IDM) merupakan sebuah aplikasi yang membantu kita dalam proses mempercepat pengunduhan file-file di internet dengan mudah, salah satu fitur andalan IDM adalah fitur auto grab file yang dimilikinya.

Akan tetapi, sampai saat ini IDM belum bisa menggunakan fitur tersebut jika file tersebut berada di dalam google drive, sehingga membutuhkan trik kusus agar kita bisa mendownload file google drive dengan IDM.

Inilah beberapa langkah dan cara download file google drive dengan IDM:

  • Pertama, buka link file google drive yang akan kalian download. Kemudian pilih Tetap Download (Download Anyway) untuk mengunduh file yang ada didalam google drive tersebut
    cara download file google drive dengan idm
  • Setelah file berhasil masuk di dalam task download, kalian batalkan proses downloadnya dengan cara masuk ke halaman download browser kalian (CTRL+J) lalu klik Batal
    cara download file google drive dengan idm
  • Kemudian setelah kalian membatalkan proses download di browser, kalian Copy link downloadnya dengan klik kanan pada bagian linknya dan pilih Salin alamat link
    cara download file google drive dengan idm
  • Lalu kalian buka IDM dan pilih Add URL, maka akan otomatis Url-nya akan terisi dengan link download yang tadi kalian copy. Kemudian kalian pilih OK
    cara download file google drive dengan idm
  • Maka akan otomatis terbuka jendela download file info dari IDM, tetapi informasi download file tersebut bukan menuju file yang akan kalian download. di tahap ini silahkan klik pada kolom Url dan copy link tersebut
    cara download file google drive dengan idm
  • Kemudian masuk pada browser kalian lagi dan paste link tersebut pada kolom link di browser. Lalu setelah halaman terbuka dengan sempurna, pilih Tetap Download (Download Anyway) seperti sebelumnya
    cara download file google drive dengan idm
  • Setelah itu batalkan proses download file tersebut dan salin link downloadnya (seperti sebelumnya)
    cara download file google drive dengan idm
  • Lalu buka IDM pilih Add Url dan klik Ok
    cara download file google drive dengan idm
  • Tunggu hingga keterangan ukuran file yang ada di jendela download file info sama dengan yang ada di halaman web Google drive. Jika sudah sama, silahkan klik Start Download maka proses download file google drive dengan IDM akan dimulai dan tunggu prosenya sampai selesai.
    cara download file google drive dengan idm

Jika dalam proses memasukkan link download di IDM yang pertama kalian sudah berhasil menuju ke file yang asli, kalian tidak perlu melanjutkan cara lanjutannya, kalian bisa langsung memilih start download untuk langsung mendownload file dari google drive tersebut..

Penutup

Sekian tutorial tentang cara download file google drive dengan IDM dari kami. Hal yang perlu kalian perhatikan selain langkah-langkah di atas adalah koneksi jaringan internet yang kalian gunakan, usahakan jangan menggunakan VPN disaat malakukan download file dari google drive dengan IDM.

Tinggalkan komentar