3 Cara Cek Paket Nelpon Telkomsel

Cara Cek Paket Nelpon Telkomsel – Walaupun sekarang ini nelpon sudah bisa dilakukan dengan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, Line atau yang lainnya. Tetapi bagi sebagian orang, keberadaan telepon reguler masih tetap dibutuhkan.

Salah satu alasan orang-orang masih menggunakan telepon seluler adalah karena keberadaan sinyalnya telepon seluler lebih luas jika dibandingkan dengan sinyal internet, karena masih mengggunakan jaringan 3G saja.

Selain itu, ketika kita melakukan panggilan seluler, pihak penerima tidak harus memiliki pulsa. Tidak seperti melakukan panggilan menggunakan aplikasi chatting yang mengharuskan keduanya memiliki paket internet.

Oleh sebab itu, keberadaan layanan paket nelpon masih tersedia di semua provider termasuk Telkomsel. Namun, kebanyakan para pengguna Telkomsel masih kebingungan untuk melakukan cek paket nelpon yang mereka miliki.

Nah, bagi kalian yang ingin cek sisa paket nelpon Telkomsel yang kalian miliki, maka kalian berada pada artikel yang tepat. Karena kami akan membahas 3 cara cek paket nelpon Telkomsel terbaru yang mudah dan cepat di bawah ini.

Penjelasan Tentang Paket Nelpon Telkomsel

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan tentang cara cek paket nelpon Telkomsel, alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu apa itu paket nelpon Telkomsel, agar bisa memahami paket ini secara keseluruhan.

Paket nelpon Telkomsel adalah sebuah paket berbicara yang dikeluarkan oleh pihak Telkomsel dengan sistem pembayaran diawal atau prabayar. Ada berbagai macam jenis kuota nelpon yang ditawarkan, ada kuota nelpon unlimited dengan batas masa aktif harian dan juga kuota nelpon dengan batas waktu per menit/jam.

Kalian bisa memilih kedua jenis paket nelpon Telkomsel tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jika kalian memiliki intensitas nelpon yang tinggi atau lama, maka kami sarankan untuk mengambil kuota nelpon yang unlimited sajat, sedangkan bagi kalian yang memiliki intensitas nelpon yang tidak terlalu sering, maka kami sarankan untuk mengambil paket nelpon dengan batas waktu.

Paket nelpon Telkomsel memiliki tarif yang beragam, mulai dari 2.000 hingga 100.000 rupiah, tergantung dari lamanya durasi dan masa aktif. Tentu saja hal tersebut sangatlah efektif digunakan, jika kita membandingkannya dengan biaya nelponmenggunakan pulsa biasa (tanpa paket).

Oh iya, perlu kalian ketahui juga bahwa tarif paket nelpon setiap kartu Telkomsel berbeda-beda. Hal ini berdasarkan jenis kartu yang kita gunakan dan juga skema tarif yang berlaku untuk kartu kita. Jadi, jangan kaget jika kalian menemui harga paket nelpon Telkomsel kalian lebih murah atau mahal dibandingankan dengan kartu lain.

Cara Cek Paket Nelpon Telkomsel

Proses pengecekan paket nelpon Telkomsel bisa kita lakukan dengan 3 metode, yaitu melalui kode dial atau USSD, SMS, dan aplikasi MyTelkomsel.

Ketiga cara cek paket nelpon Telkomsel tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga untuk lebih jelasnya kalian bisa membacanya di bawah ini.

1. Cara Cek Paket Nelpon Telkomsel Lewat Kode USSD

cara cek paket nelpon telkomsel lewat kode ussd

Metode pertama untuk melakukan cara cek paket nelpon Telkomsel adalah dengan menggunakan kode USSD. Metode ini merupakan metode yang paling banyak digunakan orang-orang untuk berkomunikasi dengan komputer operator jaringan seluler.

Cara cek sisa paket nelpon Telkomsel lewat UMB atau kode USSD bisa kalian lakukan seperti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka menu telepon di HP kalian.
  • Setelah itu masukkan kode USSD *888#.
  • Lalu pilih Cek Pulsa dengan ketik “2” dan klik Kirimkan.
  • Kemudian pilih Cek Kuota dengan ketik “2” dan klik Kirimkan.
  • Lalu pilih Cek Kuota lagi dengan ketik “1” dan klik Kirimkan.
  • Maka secara otomatis kalian akan mendapatkan sebuah SMS dari pihak Telkomsel yang berisi informasi sisa kuota yang kalian miliki baik itu kuota nelpon ataupun kuota-kouta lainnya.

Terkadang nomor keterangan atau perintah yang keluar di info operator setiap kartu berbeda-beda, oleh sebab itu silahkan sesuaikan sendiri nomor perintah yang keluar di kartu kalian.

2. Cara Cek Paket Nelpon Telkomsel Lewat SMS

cek paket nelpon telkomsel lewat sms

Cara cek paket nelpon Telkomsel yang kedua bisa kalian lakukan melalui SMS. Cara ini memiliki kelebihan dimana langkah-langkahnya yang paten, tidak seperti metode kode USSD yang nomor perintahnya bisa berubah-ubah.

Tetapi cara cek sisa paket nelpon Telkomsel menggunakan SMS memiliki waktu tunggu yang kurang cepat, yaitu sekitar 5-10 detik baru SMS mengenai info sisa kuota nelpon kita akan dikirim oleh operator.

Berikut langkah-langkah cek paket nelpon Telkomsel melalui SMS:

  • Pertama buka aplikasi SMS di HP kalian.
  • Kemudian buat pesan baru dengan format “Flashinfov2” dan kirim ke 3636.
  • Setelah itu, secara otomatis kalian akan menerima balasan SMS dari 3636 yang berisi informasi semua kuota yang kalian miliki, baik itu kuota nelpon, SMS, dan internet.

3. Cara Cek Kuota Nelpon Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara Cek Kuota Nelpon Telkomsel

MyTelkomsel adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan pihak Telkomsel untuk memberi kemudahan kepada pengguna dalam mengelola akun dan mengakses layanan-layanan telkomsel. Nah, melalui aplikasi ini kita juga bisa mengecek kuota nelpon telkomsel kita.

Namun cara ini memiliki kekurangan, yaitu kita harus memiliki akses internet baik itu lewat jaringan seluler ataupun wifi, sehingga jika kita barada di kondisi tertentu yang tidak ada sinyal internet, maka kita tidak bisa melakukan proses pengecekan dengani aplikasi My Telkomsel.

Berikut langkah-langkah cek sisa paket nelpon Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel adalah:

  • Pertama download dulu aplikasi MyTelkomsel lewat Playstore atau App Store.
  • Setelah itu buka apliaksi MyTelkomsel dan login menggunakan nomor telepon kalian.
  • Konfirmasi proses login kalian dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS.
  • Maka secara otomatis kalian akan login di MyTelkomsel.
  • Di dalam sana akan terlihat segala macam informasi tentang nomor kalian, baik itu sisa paket nelpon, SMS, internet ataupun yang lainnya.

Jujur menurut kami cara cek paket nelpon Telkomsel menggunakan aplikasi MyTelkomsel merupakan yang termudah dan tercepat, sebab kita bisa melakukan banyak hal dengan satu aplikasi ini, mulai dari cek sisa paketan kita hingga membeli paketan bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja.

Cara Cek Skema Tarif Paket Nelpon Telkomsel

cara cek skema tarif telkomsel semua kartu

Selain cara cek paket nelpon Telkomsel, hal yang tidak kalah penting untuk kita lakukan adalah pengecekan skema tarif yang berlaku untuk kartu kita.

Pengecekan skema tarif dilakukan untuk mengetahui besarnnya tarif paket nelpon atau paket lainnya yang berlaku untuk kartu Telkomsel kita.

Selain itu, dengan melakukan pengcekan skema tarif secara berkala, kita juga bisa menemukan promo-promo yang diberikan Telkomsel kepada kartu kita.

Untuk melakukan pengecekan skema tarif paket nelpon Telkomsel memiliki cara yang berbeda-beda, tergantung dengan kartu Telkomsel yang kita gunakan.

Inilah langkah-langkah cara cek skema tarif paket nelpon untuk semua kartu Telkomsel:

  • Pertama buka menu telepon di HP kalian.
  • Setelah itu masukkan kode dial berikut ini:
    • Untuk kartu Simpati *999#
    • Untuk kartu AS *567#
    • Untuk kartu Loop *363#
  • Maka secara otomatis akan muncul daftar tarif paket nelpon yang berlaku untuk kartu Telkomsel kalian. Jika ingin melakukan pembelian tinggal ikuti nomor perintah yang tersedia.

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara cek paket nelpon Telkomsel yang dapat kami bagikan. Melakukan pengecekan paket nelpon yang kita miliki secara berkala dapat membuat kita terhindar dari kehabisan paketan mendadak atau tersedot pulsa utama.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar