Begini 3 Cara Membuat Foto Hitam Putih di Photoshop

Diposting pada

Cara Membuat Foto Hitam Putih di Photoshop – Dalam dunia fotografi membuat foto sabagus mungkin adalah sebuah tantangan untuk para fotografer. Mereka meluangkan waktu mencari objek menarik untuk di potret, seperti alam, transportasi, manusia, bahkan jalan raya bisa di jadikan sebuah karya.

Cara membuat foto hitam putih di photoshop dengan 3 cara paling mudah

Untuk memperolah hasil yang cantik biasanya di lakukan pengeditan dulu di Photoshop, seperti mengatur hue dan kontras foto. Selain itu jika ingin memberikan kesan klasik dan jadul dalam foto, kamu bisa mengubah warnanya menjadi hitam dan putih saja.

Warna hitam dan putih (BW) memang sangat cocok di pakai untuk tema foto klasik / jadul. Nah, pada kesempatan ini Admin akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Foto Hitam Putih di Photoshop.

Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu pakai untuk membuat foto manjadi hitam putih secara cepat. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menggunakan Undo Redo di PS

1. Melalui Fitur Black & White

Dalam Photoshop sudah di sediakan fitur untuk membuat foto menjadi hitam putih (black and white) secara cepat. Caranya adalah begini:

  1. Buka foto atau gambar yang ingin di buat hitam putih (BW).
  2. Pada panel Photoshop bagian atas klik Layer -> New Adjustment Layer -> Black & white -> Ok.
  3. Nah sekarang foto kamu pasti sudah berganti warna.

2. Menggunakan Hue Saturation

Hue saturation adalah sebuah tool untuk menyesuaikan warna pada gambar.Dengan memanfaatkan tool ini kamu juga bisa membuat foto hitam putih dengan mudah. Caranya seperti ini:
  1. Buka foto atau gambar yang ingin kamu buat black and white.
  2. Pada panel Photoshop bagian atas klik Layer -> Adjustment Layer -> Hue / Saturation (CTRL +U). Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Cara membuat foto hitam putih di photoshop dengan 3 cara paling mudah
  1. Sekarang waktunya mengubah warna foto menjadi hitam putih. 
  2. Kurangi Saturation dengan cara menggeser titik ke kiri. Semakin kecil nilai Saturation maka akan semakin pudar warna foto kamu, dan akhirnya menjadi hitam putih.

3. Menggunakan Fitur Foto Filter

Cara ketiga membuat foto black and white dengan mudah adalah menggunakan fitur Foto filter. Fitur ini biasanya di gunakan para editor untuk mengubah warna dominan dalam sebuah gambar, namun bisa juga kita fungsikan untuk membuat foto hitam putih. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut:
  1. Open foto yang ingin di ubah menjadi hitam putih (black and white).
  2. Seperti sebelumnya silahkan klik menu  Layer -> New Adjustment Layer -> Photo Filter -> Ok. Selanjutnya kamu akan melihat pengaturan seperti gambar di bawah ini: 
Cara membuat foto hitam putih di photoshop dengan cara paling mudah
  1. Nah, sekarang tugas kamu mengubah Color menjadi hitam (black) dan Density menjadi 100%.
  2. Sekarang foto atau gambar kamu pasti sudah berubah menjadi black and white. 
Itulah 3 cara membuat foto hitam putih menggunakan Photoshop. Cara tersebut adalah cara dasar yang paling mudah untuk di lakukan, dan mungkin ada banyak cara atau versi lain untuk membuat efek foto yang sejenis.
Cukup sekian artikel yang memuat Cara Membuat Foto Hitam Putih di Photoshop. Terimakasih sudah mau mampir di blog sederhana saya dan apabila berkenan silahkan baca juga artikel tentang editing lainnya hanya di Tutorian21.
Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *