7 Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Lemot dan sering Macet

Diposting pada

Apakah kamu sering mengalami masalah Instagram lemot? Berikut ini saya akan memberi tahu kamu bagaimana cara mengatasi Instagram lemot dan juga sering macet. IG memang aplikasi yang tengah populer di kalangan masyarakat pengguna smartphone. Dalam sehari mereka bisa membuat InstaStory berkali-kali.

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Lemot

Instagram banyak di sukai karena memiliki fitur-fitur yang keren, seperti Instagram story, IGTV, Hastag, Repost story dan lain sebagainya. Meskipun aplikasi ini keren, namun bukan berarti tidak akan ada gangguan. Memang sewajarnya sebuah system mengalami gangguan sih, di dunia ini tidak ada yang sempurna dong.

Seperti yang saya alami beberapa hari lalu tiba-tiba Instagram saya loading-nya lama, mungkin ini lemot. Saat di scroll ke bawah juga responnya tidak seperti biasa, malah macet-macet dan membuat saya jadi kesal sendiri.

Jadinya saya mecari tahu kesana-kemari agar Instagram saya bisa kembali normal lagi. Singkat cerita saya akhirnya menemukan beberapa cara mengatasi Instagram lemot. Bukan hanya itu, saya juga menemukan penyebab mengapa aplikasi Instagram sering Lag atau macet-macet.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tersebut, agar para pembaca tdak ada yang mengalami masalah Instagram seperti saya lagi.

Cara Mengatasi Instagram Lemot di Android 

1. Bersihkan Cache

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika aplikasi Instagram lemot adalah dengan membersihkan/hapus cache.

Cache adalah sebuah data yang otomatis tersimpan ketika kita melakukan aktifitas internet melalui aplikasi seprti Instagram, Chrome, WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya.

Sebenarnya data cache ini bertujuan untuk membatu mempercepat loading saat kita mengakses halaman yang sama. Itu karena data yang pernah kita akses di halaman tersebut sudah di simpan handphone.

Namun jika cache menumpuk terlalu banyak ia bisa mempersempit kapasitas penyimpanan. Dan inilah salah satu penyebab aplikasi lain menjadi lemot seperti masalah Instagram saya.

Karena itu kamu wajib membersihkan cache yang sudah menjadi sampah HP. Caranya buka Menu Pengaturan ->  Aplikasi terinstal -> pilih yang ingin di bersihkan -> Bersihkan Cache.

Untuk cara yang lebih mudah, kamu bisa memakai aplikasi pembersih smartphone. Dengan memakai aplikasi ini bukan hanya cache saja yang bisa di bersihkan, namun penggunaan RAM juga bisa di minimalkan.

2. Hapus Riwayat Pencarian

Tahukah kamu jika smartphone yang kamu pakai akan selalu merekam semua aktvitas di lakukan dengan aplikasi. Bahkan saat melakukan pencarian, data yang kamu cari tersebut akan di ingat oleh sistem.

Mungkin ini adalah salah satu yang membuat Instagram menjadi lemot. Untuk menghapus riwayat pencarian caranya dengan masuk dulu ke IG -> Pilih icon search atau kaca pembesar -> Klik “cari” di bagian paling atas -> lihat semua -> hapus semua.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari IG

3. Perbarui Aplikasi Instagram

Cara mengatasi instagram lemot dan macet berikutnya adalah dengan cara memperbarui aplikasinya. Aplikasi yang sudah lama tentu akan mendapat versi pembaruan, dan jika tidak di perbarui maka akan ada fitur-fitur yang tidak bisa berkerja seperti biasanya. Itulah yang menyebabkan Instagram error dan macet.

Usahakan selalu cek dan update aplikasi Instagram di Play Store atau App Store. Gunakan aplikasi yang original dan terbaru, dan jangan pernah gunakan aplikasi MOD jika anda tidak ingin mengalami error.

Sebab APK MOD bukan buatan resmi alias bajakan, bahkan data pribadi kamu juga bisa bocor ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

4. Perbaiki Koneksi Internet

Mungkin penyebab Instagram kamu menjadi lemot bukan berasal dari aplikasi maupun smartphone. Namun malah dari sinyal internet yang buruk, sehingga IG terus gagal memuat kabar terbaru dan terlihat seperti error.

Cobalah atur koneksi jaringan dengan cara masuk ke Pengaturan -> SIM & Jaringan seluler -> Pilih SIM yang di pakai -> Kemudian atur tipe jaringan prioritas menjadi 4G.

Jika masih belum bisa, coba ganti kartu SIM dengan kartu yang memiliki jaringan setabil di daerahmu.

5. Kurangi Pemakaian RAM

RAM adalah sebuah otak yang menjalankan semua program di smartphone. Jika RAM melakukan pekerjaan yang banyak, tentu ia akan tidak sanggup, dan inilah salah satu penyebab aplikasi Instagram lemot dan lag.

Untuk mengurangi pemakaian RAM kamu harus menghentikan aplikasi tidak penting yang berjalan di latar belakang. Caranya buka menu Setting -> Aplikasi terinstal -> Pilih aplikasi yang tidak penting -> Paksa berhenti. Dengan begitu aplikasi tersebut tidak akan berjalan sebelum kamu membukanya.

6. Restart Handphone

Apakah kamu sudah memakai handphone selama berjam-jam secara terus-terusan? Tentu itu akan mempengaruhi performanya, karena ia lelah. Bukan Cuma orang yang bisa cepek, mesin pun juga bisa loh.
Jadi silahkan Restart HP kamu dan istirahatkan sejenak agar capeknya hilang. Setelah beberapa menit coba aktifkan ulang dan periksa Instagram kamu apakah sudah normal kembali.

Lihat Juga: Cara Menyimpan Story IG Orang

7. Ganti OS/HP

Dari waktu ke waktu, aplikasi Instagram semakin meningkatkan kualitasnya. Terbukti dengan hadirnya fitur-fitur baru yang keren seperti IGTV. Semakin tinggi kualitas aplikasinya tentu sitem OS juga harus mengimbanginya.
Jika kamu masih memakai android yang jadul, mungkin masalah Instagram lemot dan macet memang wajar. Itu karena HP kamu sudah tidak mampu menjalankan aplikasi IG dengan normal.
Jalan keluarnya hanyalah update OS atau membeli HP baru. Sekarang ini HP android banyak yang murah kok. Jika perlu cari promo di toko online langgananmu agar dapat yang murah.
Itulah beberapa cara mengatasi Instagram lemot di smartphone. Apakah dengan memakai cara di atas membuat IG kamu kembali normal kembali? Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih.
Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *