Teknik 2Bbulu 2Btangkis

5 Teknik Dasar Bulu Tangkis dengan Gambar & Penjelasannya

Diposting pada

Teknik Dasar Olahraga Bulu Tangkis – Bulu tangkis atau yang juga biasa disebut badminton adalah permainan olahraga yang banyak disukai orang-orang. Olahraga ini tidak membutuhkan lapangan yang luas, bahkan di halaman rumah bisa dijadikan lapangan bulu tangkis sederhana asal ukurannya memenuhi standar seluas 13,40 x 6,10 meter.  

Teknik 2Bbulu 2Btangkis

Di Indonesia sendiri bulu tangkis termasuk cabang olahraga yang sering diperlombakan, hingga banyak terlahir atlet-atlet bulu tangkis profesional yang berhasil mengharumkan nama Indonesia, seperti Taufik Hidayat, Rudy Hartono, dan Susi Susanti yang namanya sudah melegenda sebagai pemain bulu tangkis senior Indonesia.
Untuk menjadi pemain bulu tangkis yang handal dibutuhkan pergerakan yang lincah. Anda juga harus mengetahui dan belajar teknik-teknik dasar untuk bermain bulu tangkis. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan tentang Teknik Dasar Bulu Tangkis yang patut Anda pelajari.

1. Teknik Memegang Raket

Raket merupakan alat pemukul pemukul shuttlecock. Pemain harus memegang alat ini dengan benar, karena pemain hanya bisa mengandalkan raket saja untuk melakukan serangan maupun mempertahankan bola agar tidak jatuh di area sendiri.
Pada umumnya ada 4 macam teknik memegang raket dalam permainan bulu tangkis. Dari ke-4 teknik tersebut Anda bebas memilih menggunakan teknik manapun asalkan sesuai dengan situasi dan kondisi. Berikut 4 macam teknik memegang raket:

American Grip

Teknik American grip teknik dasar bulu tangkis


Teknik memegang raket american grip sering digunakan untuk melakukan pukulan yang kencang atau smash, terutama saat shuttlecock dekat dengan jaring. Teknik ini juga cocok digunakan untuk memukul bola-bola atas, dan membuat pemain lebih leluasa mengatur arah pukulan ke kanan maupun ke kiri.

Namun teknik american grip mempunyai kelemahan, dimana pemain akan kesulitan saat menerima bola di sisi kanan atau kiri, dan akan kurang efektif jika digunakan untuk melakukan pukulan backhand.

Berikut merupakan poin yang perlu diperhatikan saat melakukan teknik memegang raket american grip:
  • Posisikan pegangan tangan tepat di ujung raket atau handle-nya. Pegang raket layaknya memegang pukulan kasur seperti gambar di atas. Pastikan ibu dan telunjuk jari saling menempel di bagian handle raket. 

Forehand Grip

Teknik Forehand Grip teknik dasar bulu tangkis

Teknik memegang raket lain yang sering digunakan pemain bulu tangkis adalah forehand grip. Alasan pemain sering memakai teknik ini karena dapat mempermudah saat memukul shuttlecock, terutama ketika bola berada di sebelah kanan tubuh pemain. Pemain juga akan mudah saat memutar pegangan raket ketika akan melakukan pukulan forehand.

Namun kelemahan dari teknik forehand grip biasanya pada saat beralih dari teknik forehand ke backhand, pemain juga harus mengeluarkan tenaga lebih besar dari pergelangan dan bahu ketika memakai teknik ini. Selain itu pengguna teknik ini juga akan kesulitan saat mengembalikan shuttlecock di depan jaring.

Adapun beberapa tips yang perlu diperhatikan saat melakukan teknik forehand grip, yaitu:
  • Posisikan raket dengan miring, pastikan ibu jari dan jari tengah saling menempel saat memegang batang raket sementara jari telunjuk letakkan sedikit ke atas, dan jangan mengubah-ubah cara memegang dalam posisi ini.

Backhand Grip

Backhand Grip teknik dasar bulu tangkis

Teknik memegang raket berikutnya adalah backhand grip. Teknik ini seringkali dipakai pemain bulu tangkis untuk mengecoh lawannya, dimana arah pukulan penggunanya akan sulit diprediksi lawan. Teknik backhand grip juga akan menghasilkan power bola yang cukup tinggi, sehingga lawan tidak mudah mengembalikannya.

Kekurangan dari teknik memegang backhand grip adalah pemain akan kesulitan mengembalikan bola yang melasat dengan kencang, terutama jika bola mengarah di bagian kiri tubuh karena raket dipegang dalam posisi miring.

Berikut cara memegang raket dengan teknik backhand grip
  • Peganglah raket dengan posisi miring, dan pastikan ibu jari menempel dibagian belakang pegangan raket, sementara jari yang lain mengepal di sisi depan pegangan sehingga tercipta sudut V.

Combination Grip

Teknik Combination Grip teknik dasar bulu tangkis

Combination grip merupakan kombinasi atau gabungan dari seluruh teknik memegang raket di atas. Teknik ini biasanya campuran dari teknik memegang raket forehand grip dan backhand grip dimana kelemahan dari teknik ini sulit diketahui. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat melakukan teknik combination grip:
  • Pegang raket dengan posisi miring, lalu letakkan jari telunjuk di bagian depan dengan mengarah ke ujung atau belakang raket.
  • Atur posisi ibu jari supaya bisa ada di sisi belakang handle raket, dan pastikan posisi jari yang lain bisa Anda tekuk tepat di bawah pegangan. 

Itulah beberapa teknik memegang raket bulu tangkis yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat bahwa memegang raket dengan teknik yang baik akan menghasilkan pukulan yang baik juga. Untuk membuat pukulan yang keras membutuhkan power dari bahu dan lengan, oleh karena itu latihan yang tekun merupakan salah satu kunci dari pukulan terbaik bulu tangkis.

2. Teknik Footwork

Footwork teknik dasar bulu tangkis

Permainan bulu tangkis adalah sebuah permainan yang membutuhkan kelincahan dalam bergerak ke semua arah. Teknik footwork merupakan tenik pergerakan kaki yang akan meningkatkan gerakan pemain ke kanan, kiri, depan, maupun belakang. Teknik ini merupakan teknik dasar yang sangat wajib dikuasai para atlet bulu tangkis.
Teknik Footwork bertujuan agar mempermudah pemain menjangkau shuttlecock disemua arah dengan sigap dan cepat untuk mengantisipasi serangan lawan. Pemain yang memakai teknik ini juga akan membuat smashnya semakin baik. Oleh karena itu saya katakan di atas bahwa teknik footwork harus dikuasai semua pemain bulu tangkis.

3. Teknik Servis

Servis adalah sebuah pukulan sebagai tanda mulainya pertandingan. Teknik ini merupakan teknik paling mendasar yang harus dikuasai setiap pemain bulu tangkis. Servis juga sering disebut sebagai serangan pembuka. Karena itu, orang-orang berusaha melakukan servis sebaik mungkin agar ia mencetak poin.
Servis yang buruk bisa merugikan diri sendiri. Karena jika servis gagal, maka lawan akan memperoleh poin. Oleh karena itu, seorang pemain bulu tangkis harus bisa melakukan servis dengan lancar dan baik. Dan berikut ini adalah 4 jenis servis bulu tangkis yang patut Anda kuasai:

Servis Pendek

Teknik dasar bulu tangkis Servis Pendek

Teknik servis pendek merupakan teknik servis dimana pemain akan memukul shuttlecock dengan cukup hati-hati sehingga shuttlecock akan terbang rendah di atas net atau jaring. Tujuannya agar shuttlecock mendarat tepat di area servis lawan sehingga lawan tidak bisa melakukan pukulan ofensif.

Servis Tinggi

Teknik dasar bulu tangkis Servis Atas


Servis tinggi merupakan kebalikan dari servis pendek. Pemain yang melakukan servis tinggi akan memukul bola dengan kuat, sehingga shuttlecock akan terbang cukup tinggi dan jatuh di area belakang lawan. Servis tinggi merupakan servis yang paling mudah dan sangat jarang dinyatakan fault. Karena itu teknik ini sering digunakan para pemula.

Servis Flick 

Teknik dasar bulu tangkis Servis Flick


Servis flick adalah teknik servis bulu tangkis yang tujuannya adalah menipu lawan. Pemain seolah-olah akan melakukan servis pendek namun ternyata kenyataannya bola dipukul dengan servis tinggi. Namun, tidak dianjurkan menggunakan teknik tipuan ini terus menerus, karena lawan akan meningkatkan kewaspadaannya terhadap servis anda.

Servis Drive 

Teknik dasar bulu tangkis Servis Drive

Jenis servis ini dilakukan dengan cara memukul shuttlecock tepat ke arah lawan dengan jalur yang cukup datar. Tujuannya adalah memberi serangan kejut kepada lawan, sehingga ia akan terbatasi saat akan mengambil bola. Teknik ini sangat manjur anda gunakan ketika lawan kehilangan fokus.

4. Teknik Serangan

Dalam permainan bulu tangkis, untuk memperoleh poin pemain harus melakukan serangan. Dalam olahraga bulu tangkis ada berbagai macam teknik menyerang yang sering dipakai, seperti teknik serangan smash, drive, dropshot, dan netting. Dan berikut penjelasan dari ke-4 teknik serangan tersebut:

Smash

Teknik dasar bulu tangkis Smash

Smash adalah sebuah teknik memukul shuttlecock dengan keras dan menukik. Teknik ini biasanya dilakukan ketika mendapati bola tinggi, pemain akan memukul dengan sekuat tenaga dan mengarahkannya kebawah sehingga lawan tidak berkutik.

Saat melakukan smash disarankan dengan mengambil lompatan, agar bola bisa di arahkan lebih tajam, semakin tajam arahnya maka semakin baik. Smash merupakan salah satu teknik serangan paling mematikan dan sering menjadi andalan para pemain bulu tangkis, jadi Anda juga harus mempelajarinya.

Drive

Teknik drive merupakan teknik serangan datar namun cepat. Pada umumnya bola akan di arahkan tepat kepada lawan, sehingga lawan tidak mempunyai cukup kontrol untuk mengembalikan bola. Teknik ini membutuhkan kekuatan pergelangan tangan ketika memukul.

Dropshot

Teknik dasar bulu tangkis Drop shot

Dropshot adalah salahsatu teknik serangan tipuan yang ada di permainan bulu tangkis. Pemain seolah-olah akan melakukan smash dengan kekuatan penuh, namun kenyataanya shuttlecock akan dipukul dengan halus atau pelan. Untuk memaksimalkan teknik ini, usahakan agar shuttlecock jatuh sedekat mungkin dengan net.

Teknik Netting

Teknik dasar bulu tangkis Teknik netting

Teknik netting adalah teknik serangan pendek dimana pemain akan memposisikan raket sedekat mungkin dengan net untuk bersiap mengembalikan bola. Saat shuttlecock datang, ia akan dipukul dengan halus dan hati-hati sehingga shuttlecock akan mengarah sedekat mungkin dengan net. Dengan begini, lawan yang belum siap akan kesulitan untuk menjangkau bola tersebut.

5. Teknik Underhand

Teknik dasar bulu tangkis Underhand


Dari namanya bisa kita ketahui bahwa teknik ini adalah teknik pukulan bawah dimana pergerakannya membutuhkan keseimbangan tubuh. Underhand kerap disebut juga teknik penyelamatan bola. 
Biasanya teknik ini akan digunakan ketika menerima bola-bola pendek dari lawan, atau menjangkau bola yang jauh. Untuk teknik underhand kita bisa memakai teknik pukulan forehand maupun backhand, itu semua tergantung situasi dan arah bola.
Untuk memaksimalkan teknik underhand pemain harus berlari dengan langkah yang lebar, dimana posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Tujuannya adalah agar tangan kanan yang memegang raket dapat menjangkau shuttlecock yang cukup jauh.

Itulah beberapa teknik dasar untuk bermain bulu tangkis yang patut Anda kuasai. Demikian pembahasan seputar tema olahraga bulu tangkis kali ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru kepada teman-teman semua. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *