PES 2BMobile 2BLAG

5 Cara Mengatasi Lag PES Mobile 2020 Tanpa ROOT

Diposting pada

Cara Mengatasi Lag PES Mobile – Game sepak bola adalah game yang tidak ada matinya. Meskipun sekarang ini banyak genre game baru yang diluncurkan, seperti Moba, Survival, MMORPG dan lain sebagainya. Meskipun demikian masih ada saja peminat game bertemakan sepak bola.

Pada umumnya penikmat game sepakbola adalah anak laki-laki. Salah satu game sepak bola terbaik saat ini adalah PES Mobile 2020. Game yang diluncurkan Konami ini telah sukses di pasaran, terbukti dengan banyaknya orang yang mengunduh PES Mobile di Playstore.

Untuk memainkan game PES Mobile 2020 kita memperlukan spesifikasi HP yang cukup tinggi. Apabila HP Anda memiliki RAM yang pas-pasan maka akan mengalami kejadian Lag atau patah-patah saat memainkan game ini.

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi Lag di PES Mobile 2020? Menurut saya sendiri cara paling jitu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasang Config PES Mobile 2020. Namun ada beberapa hal yang patut Anda coba terlebih dahulu untuk mengatasi Lag PES 2020. 

1. Tutup Aplikasi di Latar Belakang

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa salah satu penyebab Lag di PES Mobile adalah RAM yang penuh. Nah, aplikasi yang belum tertutup sepenuhnya akan tetap berjalan di latar belakang HP dan menyebabkan RAM HP kamu sesak. Karena itulah kamu harus benar-benar menutup aplikasi agar RAM HP benar-benar lega.
 

2. Aktifkan GPU Rendering

Cara Mengatasi Lag PES Mobile
Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus mengaktifkan terlebih dulu fitur Developer Option atau Opsi Pengembang di HP. Pada umumnya produsen smartphone menyembunyikan fitur ini. Untuk memunculkannya silahkan ikuti step-step berikut ini:
  • Buka menu Setelan atau Setting.
  • Pilih About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Ketuk 5 sampai 7 kali pada opsi Builder Number atau Nomor Bentuk sehingga akan muncul pesan “Sekarang Anda adalah Seorang Pengembang.”
  • Kemudian kembali lagi dan aktifkan Developer Option atau Opsi Pengembang.
  • Selanjutnya aktifkan paksa Rendering GPU dan Nonaktifkan Overlay HW
 

3. Setting Grafik PES

Cara Mengatasi Lag PES Mobile

 

Bisa dibilang PES Mobile 2020 mempunyai kualitas grafik yang lebih bagus dari PES 2019. Grafiknya terasa lebih real seakan akan bermain di PES 2020 versi konsol PC.
 
Namun dengan ditingkatkannya kualitas grafik PES 2020 Mobile ini, para player HP kentang malah dirugikan. Karena dengan spek HP yang pas-pasan akan terasa lag atau patah-patah saat bermain. 
 
Untuk mengatasi hal tersebut kita harus menurunkan kualitas Grafik PES Mobile 2020. Memang nantinya gambar akan kurang bagus, namun setidaknya kita tidak terganggu masalah lag.
 
Untuk cara setting grafik PES 2020 di Android silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Pertama silahkan buka PES 2020 Mobile anda.
  • Kemudian tekan menu yang ada di pojok bawah.
  • Pilih Video Setting.
  • Selanjutnya akan muncul menu untuk mengatur kualitas grafik.
  • Sekarang pilih sesuai kemampuan HP Anda.
  • Jika HP Anda memiliki RAM 2GB gunakan settingan Low 30fps.
 

4. Aktifkan Game Booster

Cara Mengatasi Lag PES Mobile

 

Game booster kini sudah bisa anda gunakan disemua perangkan Xiaomi MIUI 9 ke atas. Game booster adalah sebuah ruang khusus dimana penggunanya dapat menjalankan game di ruang yang minim gangguan. Dengan fitur ini beban processor dan RAM akan diringankan.
 
Untuk mengaktifkan fitur game booster Anda harus melakukan langkah berikut ini:
  • Buka aplikasi Scurity.
  • Pilih Game Speed Booster.   
  • Klik tombol Start.
  • Selanjutnya izinkan sistem untuk membuat shortcut di layar home.
  • Buka shortcut tersebut dan pastikan game kamu ada dalam daftar pengoptimalan kinerja.
 

5. Pasang Config

Seperti yang saya katakan di atas bahwa dengan memasang config dapat mengatasi Lag atau masalah keluar sendiri di PES Mobile 2020. Bahkan dengan config memungkinkan Anda dapat bermain di settingan 60 fps meskipun HP yang dipakai berspesifikasi pas-pasan.
 
Silahkan download file confignya di link berikut ini: Download. Dan untuk cara memasangnya silahkan ikuti tutorial video di bawah.
 

 

6. Perhatikan Juga Hal Berikut

Bermain game adalah sebuah aktifitas yang berat bagi smartphone dengan spek sederhana. Oleh karena itu, hindarilah bermain game sambil cas HP. Karena ketika HP sedang di cas suhunya akan meningkat dan dapat menyebabkan HP kamu lag parah dan overheat.
 
Selain itu saya sarankan jangan terlalu memaksakan HP ketika memang spesifikasi RAM tidak mencukupi. Alangkah baiknya jika kamu mengupgrade HP kamu ke yang lebih baik. Jika belum punya uang cobalah menabung sedikit demi sedikit. Dari pada HP kamu yang sekarang malah rusak kan tambah rugi, mana harus beli HP baru juga lagi.
 
Seperti itulah tips dari saya untuk mengatasi Lag pada game PES Mobile 2020. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat dan mengatasi masalah Anda. Cara di atas bukan hanya untuk game PES saja, melainkan jika kamu mengalami hal yang sama di game lain mungin cara teresebut patut dicoba.
Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *