2 Cara Mengatasi Gambar (Layer) Terkunci di Photoshop

Diposting pada

Cara mengatasi gambar / layer terkunci di Photoshop – Ada banyak aplikasi penyunting foto di Pc, namun menurut saya yang paling mudah di pakai adalah Photoshop. Di Photoshop terdapat fitur-fitur yang banyak dan langkap, mulai dari brush tool, adjustment, sampai fitur mengunci gambar juga ada.

Cara membuka layer photoshop yang terkunci

Fitur pengunci gambar biasanya di pakai agar gambar tersebut tidak dapat di edit atau di sunting. Biasanya pengunci otomatis terdapat pada beckground gambar, namun terkadang sering di temukan gambar dari Google yang ketika di buka di Photoshop terdapat icon gembok, yang berarti gambar tersebut di kunci si pemilik agar orang lain tidak dapat mengeditnya.

Nah, jika anda mengalami masalah gambar atau layer terkunci seperti kasus di atas berikut ini Admin akan memberikan beberapa solusinya. Setidaknya ada dua tips cara untuk mengatasi gambar / layer Photoshop yang terkunci dan tidak bisa dibuka. Dan jika kunci atau gembok tersebut terbuka maka anda bisa menyunting gambar tersebut.

Baca Juga:

Baiklah, kalu begitu silahkan simak dan ikuti langkah-langkah yang Admin berikan di bawah ini:

Mengatasi Gambar/Layer Terkunci di Photoshop Part I

Normalnya gambar yang menjadi Background paling dasar otomatis terkunci, tujuannya adalah untuk menghindari perubahan atau coretan yang tidak di inginkan di background tersebut. Gambar yang terkunci di tandai dengan adanya icon gembok di samping layer, untuk membukanya silahkan ikuti cara berikut:

1. Cara pertama silahkan arahkan pointer mouse anda ke Layer yang terkunci, kemudian klik dua kali layer tersebut untuk membuka kuncinya. Jika mucul peringatan / notifikasi klik saja Ok.

Mengatasi gambar Photoshop terkunci dan tidak bisa di edit

2. Untuk mengembalikan kunci atau gembok tersebut silahkan klik satu kali layernya, kemudian pilih fitur lock yang saya tunjuk pada gambar di bawah ini.

Cara mengunci layer gambar photoshop supaya tidak bisa di edit

Mengatasi Gambar/Layer Terkunci di Photoshop Part II

Jika menggunakan cara di atas tidak bisa maka gunakanlah cara kedua ini. Biasanya yang susah di buka adalah gambar dari Google yang di kunci pemiliknya. Saat di klik dua kali icon gemboknya tidak terbuka dan mungkin muncul peringatan error. Nah untuk mengatasinya anda bisa memakai cara berikut:

1. Pertama silahkan klik satu kali layer gambar yang terkunci dan tidak bisa terbuka itu.

Membuka layer gambar terkunci di Photoshop supaya bisa di edit

2. Kemudian menuju ke menu Image -> Mode -> dan pilih RGB Color.

Cara membuka layer terkunci (Indexed Layer) di Photoshop

3. Sekarang cobalah klik dua kali layer yang terkunci sebelumnya seperti cara pertama di atas. Sekarang anda sudah berhasil membuka gambar yang di kunci tersebut dan siap untuk di edit.

Bagaimana caranya cukup mudah bukan? Mungkin sampai disini saja artikel yang membahas cara mengatasi gambar terkunci di Photoshop sehingga gambar tersebut terbuka dan bisa di edit atau di sunting. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan solusi bagi anda. Baca juga artikel tutorial Photoshop lainnya di Tutorian21, terimakasih dan sampai jumpa.

Gambar Gravatar
Seorang pemuda yang senang bermimpi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *